close
Interaksi Sosial, Tujuan, dan Faktor yang Melatarbelakanginya - Kelas Edukasi

Interaksi Sosial, Tujuan, dan Faktor yang Melatarbelakanginya


Interaksi Sosial, Tujuan, dan Faktor yang Melatarbelakanginya - Interaksi adalah sebuah hubungan saling mempengaruhi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok yang saling memunculkan pengaruh satu sama lain. Wujud dari pengaruh interaksi diantaranya ialah meniru cara-cara orang lain berpakaian, berbicara, bertingkah laku, berjalan, beraksi, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah suatu proses hubungan saling mempengaruhi antara manusia, baik sebagai individu atau kelompok, atau antar individu dengan kelompok. Yang dimaksud dengan tindakan interaksi sosial adalah langkah-langkah yang diambil oleh orang-perorangan atau kelompok yang saling mempengaruhi dalam mengadakan hubungan.

Secara Harfiah interaksi adalah tindakan yang berbalasan antar individu atau antar kelompok. Tindakan saling mempengaruhi ini seringkali dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol atau konsep-konsep.

Jadi, pengertian interaksi sosial ialah suatu hubungan timbal balik yang terjadi secara dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

Interaksi sosial melibatkan proses-proses sosial yang bermacam-macam yang menyusun unsur-unsur dinamis dari masyarakat yakni proses-proses tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial. Interaksi sosial ini dapat terjadi di pasar, di ladang, dalam rapat, atau di mana saja karena memang di dalam interaksi sosial, lokasi terjadinya tidak penting.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa interaksi sosial merupakan suatu proses fundamental dalam masyarakat. Tipe-tipe interaksi itu sangat mempengaruhi ciri-ciri masyarakat, tetapi interaksi itu juga dipengaruhi oleh norma-norma sosial yang ada di masyarakat. Ciri-ciri interaksi sosial sebagai berikut. Dilakukan dua orang dan ada reaksi dari pihak lain

Tujuan dan Dasar-dasar Interaksi Sosial

Proses interaksi dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya melalui tatap muka langsung. Secara tidak langsung dapat melalui sarana-sarana komunikasi misalnya surat, radiogram, telepon, dan interlokal. Tujuan dari interaksi sosial sebagai berikut :

a.    Untuk menjalin hubungan persahabatan
b.    Untuk menjalin hubungan dalam bidang perdagangan
c.    Untuk melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan
d.    Untuk membicarakan dan merundingkan sesuatu masalah yang timbul
e.    Untuk meniru kebudayaan orang lain yang lebih maju dan lain-lain.

Proses interaksi didasari oleh beberapa faktor diantaranya ialah imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati. Faktor-faktor tersebut dapat bergerak sendiri-sendiri secara terpisah atau dalam keadaan yang terintegrasi. Penjelasan mengenai factor tersebut adalah sebagai berikut :

a.    Faktor Imitasi
Faktor imitasi dapat mendorong seseorang untuk memusuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku, tetapi juga bisa mengakibatkan terjadinya hal-hal yang negatif, sebab yang ditiru mungkin tindakan-tindakan yang menyimpang.

b.    Faktor Sugesti
Faktor Sugesti berlangsung jika seseorang memberi sesuatu pandangan yang berasal dari dirinya yang selanjutnya diterima oleh pihak lain. Berlangsungnya sugesti, dapat juga terjadi karena pihak yang menerima dilanda oleh emosi.

c.    Faktor Identifikasi
Faktor Identifikasi ialah sebuah kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menyamakan dirinya dengan pihak lain. Identifikasi bersifat lebih mendalam daripada imitasi dan sugesti. Proses identifikasi dapat berlangsung dengan sendirinya ataupun dengan disengaja.

d.    Faktor Simpati
Faktor simpati ialah suatu proses di mana seseorang merasa tertarik kepada pihak lain. Di dalam proses ini perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting. Proses simpati akan dapat berkembang jika terdapat saling pengertian pada kedua belah pihak.
Interaksi Sosial, Tujuan, dan Faktor yang Melatarbelakanginya  Interaksi Sosial, Tujuan, dan Faktor yang Melatarbelakanginya Reviewed by Unknown on Maret 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.