close
5 Soal UN Bahasa Indonesia Kalimat Fakta, Opini dan Lain-Lain Lengkap Beserta Penjelasannya - Kelas Edukasi

5 Soal UN Bahasa Indonesia Kalimat Fakta, Opini dan Lain-Lain Lengkap Beserta Penjelasannya

Sebuah teks dapat berbentuk paragraf atau bacaan. Sebuah paragraf atau bacaan mengungkapkan suatu masalah. Masalah dalam paragraf atau bacaan dapat berupa fakta dan opini. Fakta merupakan peristiwa atau kejadian benar-benar terjadi. Semua orang akan mengatakan pernyataan sama terhadap sebuah fakta. Lawan dari fakta adalah pendapat (opini). Pendapat (opini) merupakan gagasan. Ide, atau pemikiran seseorang terhadap suatu peristiwa, objek, atau masalah. Pendapat seseorang terhadap suatu masalah atau peristiwa dapat berbeda dari pendapat orang lain.
5 Soal UN Bahasa Indonesia Kalimat Fakta, Opini dan Lain-Lain Lengkap Beserta Penjelasannya

Masalah dalam paragraf merupakan pokok bahasan. Pokok bahasan dalam paragraf, dapat dibuat kalimat simpulan. Kalimat simpulan merupakan pernyataan dapat mewakili isi paragraf. Kalimat simpulan berisi inti sari dari paragraf. Masalah teks juga dapat dibuat sebuah pertanyaan dengan jawabannya terdapat dalam teks. Pertanyaan tentang isi teks atau bacaan menggunakan kata tanya sebagai berikut.
1.  Apa untuk menanyakan masalah, peristiwa, atau kejadian dibahas dalam teks.
2.  Siapa untuk menanyakan orang dibahas dalam teks.
3.  Di mana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks.
4.  Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa dibahas dalam teks.
5.  Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan, hal, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks.
6.  Bagaimana untuk menanyakan proses, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks.
 Objek atau masalah tersebut diungkapkan penulis dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut ditujukan kepada pembaca. Anda dapat mengartikan istilah yang digunakan dalam paragraf atau bacaan. Arti istilah atau kata penyusun paragraf atau bacaan dapat Anda temukan dalam kamus, Anda dapat menyesuaikan arti dengan konteks kalimatnya.

Paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
1) Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) memunculkan situs web Indonesia @ 30 menit. 2) Langkah tersebut dilakukan karena penduduk Indonesia yang mengetahui suasana Merauke di ujung timur dan Sabang di ujung barat sangat sedikit. 3) Situs Indonesia @ 30 menit menampilkan wilayah Indonesia pada setiap jarak 54 km atau 30 menit pada peta geografi. 4) Keberadaan situs ini memiliki sejumlah manfaat karena dapat membantu tim SAR memperoleh gambaran tentang kondisi medan yang dituju. 5) Melalui situs ini pula diharapkan penduduk Indonesia dapat menikmati serta mengenal wilayah Indonesia sehingga dapat mendorong rasa kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme.

1.  Kalimat fakta pada paragraf tersebut adalah....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 1) dan 4)
D. 2) dan 3)
E. 3) dan 5)
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: B

Baca juga: 3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya

Fakta merupakan sesuatu atau peristiwa benar-benar terjadi. Semua orang akan mengatakan pernyataan sama terhadap sebuah fakta. Fakta bersifat objektif. Kalimat memuat fakta pada paragraf adalah kalimat 1) dan 3). Kalimat 1) dan 3) menunjukkan Bakosurtanal memunculkan situs web Indonesia @ 30 menit yang menampilkan wilayah Indonesia pada setiap jarak 54 km setiap @ 30 menit.

2. Makna kata situs pada paragraf tersebut adalah ....
A. daerah, tempat benda-benda purbakala
B. tempat pada papan dapat dilubangi
C. ciri yang dipakai dalam sebuah tulisan
D. tempat tersedia untuk lambang suatu inskripsi
E. fosil binatang purba di suatu daerah untuk diteliti
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: D

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, kata situs memiliki beberapa arti yaitu 1) daerah temuan benda-benda purbakala; 2) fosil binatang purba di daerah itu diusulkan untuk diteliti; 3) tempat tersedia untuk lambang suatu inskripsi; 4) tempat pada suatu papan yang dapat atau tidak dapat dilubangi. Kata situs pada paragraf bermakna tempat tersedia untuk lambang suatu inskripsi. Pilihan jawaban tepat adalah D.

3. Pahami paragraf berikut!
Salah satu jenis sayuran yang mengandung multikhasiat adalah terong. Terong mempunyai khasiat sebagai antikejang, antikanker, dan penghalau gangguan pemuluh darah. Terong bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi, serangan sawan, gugup atau kejang saraf. Terong dapat mengobati penyakit-penyakit  tersebut karena mengandung strinin, skopalamin, dan skoparon. Terong yang sudah dikeringkan apabila dikonsumsi dapat mengobati sakit pinggang, encok, dan sakit nyeri lainnya. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa jus terong bisa menekan kerusakan sel-sel dengan penyimpangan kromoson sebagai pertanda adanya kanker.
Apa manfaat terong yang dikeringkan?
A. Dapat mengobati penyakit kanker ganas.
B. Berkhasiat mengobati penyakit kejang pada manusia.
C. Dapat menghalau gangguan pembuluh darah di tubuh.
D. Mengobati penyakit pinggang, encok dan nyeri lainnya.
E. Menghambat serangan sawan, gugup, dan kejang saraf lainnya.
(Ujian Nasional 2013/2014)
 Jawaban: D

Pertanyaan dengan kata tanya ‘apa’ menanyakan hal atau sesuatu. Pertanyaan tersebut menanyakan manfaat terong yang telah dikeringkan. Menurut informasi dalam bacaan, manfaat terong yang telah dikeringkan yaitu dapat mengobati sakit pinggang, encok, dan sakit nyeri lainnya. Jadi, pertanyaan dalam soal dapat dijawab dengan kalimat pada pilihan jawaban D.

Paragraf berikut untuk soal nomor 4 dan 5.
Dalam kehidpuan modern, aspek ekonomi tumbuh secara pesat. Bahkan, sering pertumbuhan ekonomi terlalu cepat sehingga membuat solidaritas, persaudaraan, dan rasa setia kawan luntur karena mengedepankan materi. Kondisi tersebut membuat gotong royong sebagai panutan hidup bermusuhan dengan upaya manusia untuk mengejar kenyamanan dan kebahagiaan pribadi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mendaur ulang warisan luhur tersebut, baik berupa kebijakan-kebijakan pemerintah maupun peraturan tegas. Kegiatan tersebut bertujuan agar sikap gotong royong tetap hidup dan tidak tergilas oleh kehidupan modern.

4. Kalimat simpulan berdasarkan paragraf tersebut adalah....
A.   Kehidupan modern saat ini tumuh terlalu pesat.
B.   Solidaritas dan rasa persaudaraan hanya ada di pedesaan.
C.   Pada umumnya manusia hanya mengejar kebahagiaan pribadi.
D.   Pemerintah perlu tegas dalam membuat peraturan.
E.   Kehidupan modern telah melunturkan sikap gotong royong.
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: E

Simpulan merupakan inti sari paragraf. Inti sari paragraf merupakan masalah dibahas dalam paragraf. Kalimat simpulan tepat berdasarkan isi paragraf terdapat pada pilihan jawaban E.

Baca juga: 3 Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tentang Cerpen Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

5. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah....
A. Mengajak masyarakat selalu bergotong royong dalam bekerja di lingkungannya sendiri.
B. Menjelaskan perilaku hidup modern di lingkungan masyarakat.
C. Menginformasikan bahwa kehidupan modern merusak sikap gotong royong masyarakat.
D. Mengimbau pemerintah untuk membuat kebijakan tegas dan jelas.
E. Membuktikan bahwa kehidupan modern kurang tepat untuk diterapkan di Indonesia.
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: D

Bacaan tersebut memuat masalah diungkapkan penulis dengan tujuan tertentu. Ungkapan penulis tersebut ditujukan kepada pemerintah. Paragraf tersebut membahas kelunturan semangat gotong royong karena pengaruh kehidupan modern. Penulis mengimbau kepada pemerintah agar mencegah kelunturan semangat gotong royong. Salah satunya dengan membuat kebijakan jelas dan tegas. Jadi, tujuan penulis artikel terdapat pada pilihan jawaban D. Perhatikan bagian akhir paragraf tersebut.


Kunjungi juga artikel terkait :
10. Sebab Akibat
5 Soal UN Bahasa Indonesia Kalimat Fakta, Opini dan Lain-Lain Lengkap Beserta Penjelasannya 5 Soal UN Bahasa Indonesia Kalimat Fakta, Opini dan Lain-Lain Lengkap Beserta Penjelasannya Reviewed by Ahmad Sobri on Oktober 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.