close
Perbedaan Ceramah Dan Pidato Lengkap Beserta Contohnya - Kelas Edukasi

Perbedaan Ceramah Dan Pidato Lengkap Beserta Contohnya

Perbedaan Ceramah Dan Pidato -  Kamu tahu gak, apa perbedaan ceramah dan pidato? Apa selama ini mengganggap kedunya sama saja dari segi arti dan kegunaan?

Oke, bagi kamu yang belum tahu, atau masih ragu dalam menjawab pertanyaan di atas, kali ini akan kita bahas satu persatu mengenai apa perbedaan antara ceramah dan pidato.

Dan kami juga akan memberikan masing masing contoh ceramah dan juga pidato, agar kamu semakin paham tentang perbedaan keduanya.


Microphone
Microphone 

A. Pengertian Ceramah


Ceramah merupakan suatu pidato yang memiliki tujuan memberi nasehat ataupun berbagai petunjuk, serta ada juga audiensi yang bertindak sebagai pendengar atau sering diberi sebutan sebagai jama’ah.

Waktu ceramah bisa dilakukan kapan saja, tidak terikta oleh waktu. Tidak terikat oleh suatu rukun dan syarat yang berlaku, asalkan isi ceramah harus sesuai dengan pedoman agama, tidak sembarangan. Tidak harus menggunakan mimbar khusus.

Waktu dalam ceramah tidak terbatas, sesuai dengan kebutuhan yang akan disampaikan. Siapapun boleh memberikan ceramah, sesuai dengan kadar ilmu yang dimiliki.

Kesimpulannya adalah, ceramah bisa diartikan sebagai media da’wah dalam menyebarkan kebaikan yang berisi tentang ajaran suatu agama, sesuai dengan kita suci yang dimiliki oleh agama tersebut.

B. Pengertian Pidato


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan orang banyak, di depan umum. Untuk berorasi menyampaikan sebuah pendapat, atau bisa juga memberikan suatu gambaran mengenai beberapa hal yang dianggap penting.

Dibawakan oleh seseorang, yang memiliki sebuah pandangan, pendapat yang perlu disampaikan kepada orang banyak. Dan isi dari pidato tersebut memang aptut untuk diperbincangkan.

Pidato biasa digunakan oleh seorang pemimpin untuk berorasi di depan pasukan atau anak buahnya. Pidato termasuk dalam teori dari pelajaran Bahasa Indonesia.

Pidato yang baik, biasanya akan meninggalkan pesan positif bagi para pendengarnya, berisi ajakan yang mendorong untuk melakukan suatu kebaikan.

Contoh Ceramah Agama Islam Tentang Ibu


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Innalhamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inu wa nastaghfiruhu wa na'audzubillah minsyururi ‘anfusina wa minsayyi’ati ‘amaalinaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudh lil falaa haadiyalah

Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Segala puji bagi Allaah, Rabb semeseta alam yang hanya kepada Nya kita wajib beribadah, tiada bandingan dan sekutu baginya. Yang telah memberikan nikmat kesehatan, bisa membuat kita ada dalam acara yang istimewea ini.

Shalawat dan salam juga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam. Yang sangat kita nantikan syafaat atau pertolongan ari beliau, di hari kiamat kelak.

Jama’ah yang semoga dimulikan oleh Allaah,
Betapa besarnya jasa seorang ibu, betapa besarnya pengorbanan beliau membesarkan kita? Dari proses awal beliau mengandung, setiap bulan bobot kita semakin bertambah. Dan kemudian pada waktunya, beliau harus berjuang untuk melahirkan kita.

Jama’ah, tapi mengapa terkadang kita lupa akan hal tersebut? Apakah ketika kita merasa sudah dewasa, sudah mampu mendapatkan pekerjaan, lantas kita lupakan semua jasa ibu kita? Sungguh, hal ini adalah suatu kekeliruan yang nyata.

Banyak sekali dalam ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua khususnya ibunda kita tercinta. Dalam Q.S Al Isra’ ayat 24, yang artinya sebagai berikut,”dan katakanlah kepada keduanya (orang tua) perkataan yang baik dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih dan sayang. Dan katakanlah, wahai Rabb ku, sayangilah mereka, sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Dalam ayat di atas sudah jelas, hanya satu contoh saja dari sekian banyak anjuran untuk berbuat baik kepada orang tua. Apalagi keapda ibu yang sudah berkorban, bahkan bisa dibilang bertaruh dengan nyawa saat sedang melahirkan kita.

Mari, kita sama-sama intropeksi diri kita sendiri, jika masih ada kedua orang tuanya saat ini, temuilah mereka, tanyakan kabar dan berbaktilah. Tapi jika mereka sudah tiada, jangan putus asa, kita bisa menjadi anak yang sholeh atau sholehah untuk bisa mendo’akan mereka agar diberi kemudahan di alamnya.

Sekian dari saya, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat seluruh yang hadir dalam acara ini.

Mari kita semua bersyukur kepada Allaah yang telah memebrikan kita rezeki berupa kesehatan yang bisa membuat kita berkumpul pada kegiatan kali ini.

Dan shalawat serta salam kita limpahkan kepada Rasulallah Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Menjaga kesehatan memang sangat penting, karena kesehatan merupakan titipan dari Allaah yang memang perlu kita jaga. Jika kesehatan kita dicabut oleh Alaah, maka hilanglah berbagai kenikmatan yang biasa kita rasakan.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita, dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Pola makan kita haruslah teratur, jangan sampai sembarangan memilih makanan yang masih diragukan kesehatannya.

Menjaga kebersihan lingkungan, yang tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Harus rutin membuang sampah dan mengolahnya, baik dengan cara membakar atau menimbun.

Olahraga dan tidur yang cukup, hal ini manjadi hal yang cukup sulit dilakukan pada masa saat ini. Kesibukan aktifitas membuat kita lupa akan kedua hal ini utnuk perlu dijaga.

Mari, kita semua harus meningkatkan kesadaran kita berupa menjaga kesehatan. Ini sebenarnya untuk diri pribadi kita juga. Lebih baik menjga daripada mengobati.

Sekian dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


Demikian artikelnya jangan lupa kunjungi artikel lainnya ya, semoga bermanfaat.
Perbedaan Ceramah Dan Pidato Lengkap Beserta Contohnya Perbedaan Ceramah Dan Pidato Lengkap Beserta Contohnya Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.