close
Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil - Kelas Edukasi

Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil

Ceramah Agama IslamMembahas tentang kematian tentu sangat penting, agar mengingatkan kita betapa singkatnya hidup di dunia. Ceramah agama Islam yang sering dibawakan oleh para ustadz, salah satunya adalah mengenai kematian.

Para ustadz biasa membawakan ceramah tentang kematian beserta dalil yang bersumber dari Al Qur’an atau hadist Rasulullah. Karena dengan kematian, kita bisa mengurangi ambisi kita dalam mengejar dunia. Yang sesungguhnya dunia ini bisa melalaikan kita dari beribadah.
Ceramah bisa dilakukan dimana saja, karena inti dari ceramah adalah kegiatan untuk menyampaikan suatu kebaikan. 

Namun biasanya ceramah dilakukan di Masjid atau Musholla, lapangan (ketika tabligh akbar), maupun di gedung. Dengan keadaan yang nyaman, bisa berpengaruh dengan si penceramah maupun si pendengar.


Agar lebih leluasa dalam menyampaikan suatu materi ceramah, dan si pendengarpun bisa mengambil ilmu yang di sampaikan kepadanya.

Ceramah Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil
Ceramah Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil

Berikut adalah contoh ringkasan materi untuk Ceramah agama Islam Tentang Kematian.

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bissmillahirrahmanirrahiim

Innalhamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inu wa nastaghfiruhu wa na'audzubillah minsyururi ‘anfusina wa minsayyi’ati ‘amaalinaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudh lil falaa haadiyalah
Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Amma ba’du.

Para hadirin, jama’ah yang berbahagia.

Marilah kita bersama-sama bersyukur kepada Allaah, atas nikmat iman dan kesehatan yang telah Dia berikan kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul pada acara ini.
Shalawat dan salam, juga tak lupa kita limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu a’alayhi wa sallam. Dimana di dalam diri beliaulah terdapat suri tauladan yang baik, akhlak yang mencerminkan Al Qur’an yang perlu kita contoh.

Para hadirin, jama’ah yang berbahagia.

Setiap manusia, seluruh makhluk yang bernyawa, semua pasti merasakan kematian. Semua ini adalah hukum yang sudah ada ketetapannya dari Allaah Yang Maha Kekal. Jadi tidak ada satupun yang kekal, kecuali Allaah saja. Dia-lah Rabb semsesta alam yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan.

Dalam Al Qu’an, Allaah berfirman yang artinya,” yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” ( Al Q ur’an surat Al Mulk ayat 2).

Siapakah orang yang baik amalnya? Yaitu orang yang paling ikhlas dalam melaksanakn ibadah hanya semata-mata karena Allaah saja.

Dan amalan yang paling benar adalah amalan yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasul. Sudahkah kita menjalani semua itu? Hanya kita sendiri yang bisa menjawab.

Kita sebagi manusia, hidup di dunia ini pasti akan mati. Kematian adalah hal yang pasti, tidak bisa diundur maupun dipercepat atas kemauan kita. Dan setelah itu kita akan dihadapkan oleh alam kubur, antara kenikmatan dan siksaan.

2 hal kemungkinan tersebut pasti akan kita rasakan, sesuai dengan amalan kita selama berada di dunia. Setelah kita masuk ke dalam alam kubur inilah, antara penyesalan atau kebanggaan sudah bisa kita jawab. Untuk melanjutkan kita ke alam berikutnya.
Para hadirin, jama’ah yang berbahagia.

Baca juga: Pidato Bahasa Inggris tentang Nabi Muhammad dan Artinya

Marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita semua kepada Allaah. Agar dimudahkan dalam proses kematian kelak. Karena, sesungguhnya sakaratul maut menjelang kematian itu sangatlah menyakitkan.

Namun bagi hamba Nya yang beriman, mudah-mudahan dengan izin Allaah bisa meringankan rasa sakit tersebut. Dan kita bisa mencapai kematian yang husnul khotimah, mati dalam keadaan yang baik.

Mingkin sekian ini saja yang bisa saya sampaikan dalam ceramah kali ini. Tidak ada maksud untuk menggurui, saya hanya membagi sedikit ilmu yang saya miliki.

Kesempurnaan hanya Allaah yang punya, jika ada khilaf kata maupun sikap, saya mohon maaf dan kepada Allaah saya mohon ampun.

Wassalamu’alaykum warohmatullahi wabarakatuh...


Mungkin teks Ceramah agama Islam Tentang Kematian di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi yang ingin mendapatkan referensi dalam pembuatan naskah pidato.

Jika artikel ini anda rasa bermanfaat, silahkan share ke teman-teman atau keluarga anda. Semoga kita semua bisa terus meningkatkan keimanan kita, dan terus melakukan kebaikan.

Sekian dan terima kasih.

2. Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal

Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Lengkap Dengan Dalil Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.