close
Contoh Ceramah Singkat Untuk Pemula Terbaru (Jelas Dan Mudah Di Pahami) - Kelas Edukasi

Contoh Ceramah Singkat Untuk Pemula Terbaru (Jelas Dan Mudah Di Pahami)

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah merupakan suatu kegiatan berbicara di hadapan orang banyak, menyampaikan sesuatu biasanya ilmu yang dikaitkan dengan agama. Dalam Islam, biasanya penceramah membahas tentang ayat Al Qur’an, ataupun hadist yang kemudian dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Isi ceramah biasanya berisi materi yang cukup banyak, dijabarkan dan memakan waktu hingga 1 jam lebih. Ceramah ini biasa dilakukan oleh ustadz atau ulama yang sudah menguasai berbagai ilmu agama dan pengalaman yang sudah mereka miliki.

Namun bagi penuntut ilmu pemula biasanya menggunakan materi ceramah yang singkat, padat dan jelas. Hanya menjabarkan sedikit dari potongan ayat atau hadist yang pendek dan tidak terlalu banyak menafsirkannya.

Jika kamu ingin membuat materi ceramah, pertama perlu memilih tema yang akan dibawakan. Alangkah baiknya jika memilih tema yang setidaknya sudah diketahui, atau pernah dipelajari.

Baca juga: Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah

Berikut ini, kami akan membahas materi tentang contoh ceramah singkat, kami buat memang untuk pemula yang baru belajar ceramah atau pidato. Untuk contoh pembukaan ceramah dan penutupnya kamu bisa menggunakan contoh berikut ini :

 Daftar Isi:

  1. Contoh kalimat pembukaan ceramah
  2. Contoh kalimat penutup ceramah
  3. Contoh Ceramah Singkat
  4. Ceramah Singkat Tentang Ramadhan
  5. Ceramah Singkat Tentang Sabar
  6. Ceramah Singkat Tentang Sedekah


A. Contoh kalimat pembukaan ceramah

- Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahiim...

Yang saya hormati, kepada seluruh jama’ah yang hadir.
Mari kita selalu beryukur atas nikmat iman, Islam dan kesehatan yang telah Allaah limpahkan kepada kita semua. Atas izin Nya kita bisa berkumpul dalam acara ini.

Dan shalawat serta salam, selalu tercurahkan kepada Nabi Besar kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam.

- Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillah

Innalhamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inu wa nastaghfiruhu wa na'audzubillah minsyururi ‘anfusina wa minsayyi’ati ‘amaalinaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudh lil falaa haadiyalah

Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.


B. Contoh kalimat penutup ceramah

- Mungkin demikian saja dari saya, jika ada kebaikan itu datangnya dari Allaah dan kekurangan itu murni dari saya. Mohon maaf jika ada kesalahan ucapan dan kepada Allaah saya mohon ampun.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

- (Bisa ditutup dengan do’a).


Contoh Ceramah Singkat
Contoh Ceramah Singkat


C. Contoh Ceramah Singkat

Materi ceramah singkat biasanya dicari oleh para murid di pondok pesantren atau sekolah Islami. Pada artikel ini, ada beberapa Contoh Ceramah Singkat Untuk Pemula Terbaru, yang bisa kamu jadikan sebagai contoh dalam membuat isi ceramah. Berikut adalah beberapa materi ceramah singkat, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat isi ceramah.


1. Ceramah Singkat Tentang Ramadhan

Bulan Ramadhan termasuk dalam bulan yang sangat mulia bagi umat Islam, dimana pada bulan ini terdapat amalan wajib yang harus ditunaikan oleh setiap muslim, yaitu berpuasa.
Kecuali ada beberapa syarat bagi orang yang boleh untuk tidak berpuasa di bulan ini, namun perlu mengganti puasanya di bulan lain.

Banyak sekali keistimewaan yang ada pada bulan suci ramadhan ini, diantaranya adalah turunnya kitab suci umat Islam yaitu Al Qur’an, yang dimana Al Qur’an yang patut dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan kita di dunia.

Juga ada dimana malam yang penuh dengan kemuliaan, yaitu malam lailatul qadar. Dalam Al Qur’an surah Ad Dukhan ayat 3, Allaah berfirman yang artinya,’’ Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang penuh berkah, dan sesungguhnya Kami lah yang memberikan Peringatan”. Malam yang penuh berkah disini, oleh Ibnu jariri Ath Thobari Rahimahullah, beliau menguatkan sebagai malam lailatul qadar.

Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jadi barang siapa yang beribadah pada malam itu, in syaa Allaah akan mendapatkan pahala yang berlipat. Dan dianjurkan untuk beri’tikaf 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

Jadi, ketika telah datang bulan Ramadhan ini, jangan sampai kita melewatkannya begitu saja. Kita harus lebih bersemangat dalam mengumpulkan banyak pahala dengan melakukan ibadah yang lebih berkualitas dengan lebih banyak lagi.


2. Ceramah Singkat Tentang Sabar

Marah merupakan salah satu tabi’at manusia yang tidak mungkin terlepas dari manusia itu sendiri. Marah, emosi dan kesal terhadap sesuatu hal adalah hal yang lumrah.

Namun dalam agama Islam, kita diperintahkan untuk menahan amarah tersebut. Karena Rasulullah berkata,’’ janganlah kau tumpahkan amarahmu, maka niscaya syurga yang kau dapat” (Hadist Riwayat At h Thobrani, Shahih)

Memang menahan marah itu cukup sulit, apalagi kita dalam posisi yang benar. Namun apapun alasannya, sebagai manusia yang beriman, kita harus mencontoh akhlak yang ada pada Rasul kita.
Ada nasihat dari Rasulullah untuk kita, yang bisa meredam amarah kita saat sedang memuncak. Dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda,” Jika salah satu dari kalian sedang marah dalam keadaan berdiri, duduklah. Dan jika kalian marah dalam kadaan duduk, maka berbaringlah”.

Hadist di atas merupakan sebuah nasihat dari Rasul, agar kita segera melakukan tindakan yang bisa meredakan amarah kita ketika sedang memuncak.

Betapa Islam sangat menginginkan kedamaian. Jangankan untuk berlaku radikal, kita marahpun tidak dianjurkan. Dan balasan bagi orang yang bisa menahan amarahnya bukanlah mendapat hadiah rumah, mobil atau motor. Melainkan syurga yang kekal, selama-lamanya.

Maka dari itu, mari kita membiasakan diri untuk bisa menjaga lingkungan dimanapun kita berada. Selalu berfikir positif, hargai orang lain, dengan otomatis orang juga akan lebih menghargai kita.


3. Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Sedekah bukan hanya berbicara soal harta, banyak sekali amalan ringan yang bisa bernilai sedekah. Jika sedekah hanya bisa dengan harta, lantas bagaimana jika orang yang memiliki keuangan yang menipis, hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari?

Tidak semua orang bisa mengamalkan sedekah dikala sempit, padahal ganjaran yang di dapat sangat besar.

Banyak sekali motivasi yang diajarkan dalam Al Qur’an, sebagai contoh adalah surat Al Baqoroh pada ayat ke 261, Allaah Ta’ala berfirman yang artinya,” Perumpaan orang yang mengeluarkan hartanya dijalan Allaah adalah sama seperti sebuah butir yang bisa menumbuhkan tujuh bulir, setiap bulirnya ada seratus biji. Allaah melipat gandakan (balasan) kepada siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allaah yang Maha Luas (karunia Nya) dan Maha Mengetahui”.

Sudahkah termotivasi dengan ayat tersebut? Kapan akan memulai amalan sedekah ini? Hanya diri kita sendiri yang bisa menentukannya.

Jika kembali membahas sedekah tanpa menggunakan harta, kali ini ada hadist Rasulullah yang dalam Hadist Riwayat At Tirmidzi dan Abu Dzar yang berbunyi,” Senyum untuk saudara kalian adalah sedekah, melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar adalah sedekah, dan menunjukkan jalan bagi orang yang tersesdt juga sedekah”.

Sungguh mudah bukan? Kita hanya diperintahkan untuk memasang wajah yang ceria dihadapan teman kita, sudah bisa mendapatkan pahal sedekah. Dengan mengingatkan kebaikan kepada teman kita bernilai sedekah. Dan menunjukkan jalan bagi orang yang sedang tersesat juga sedekah.

Semua itu tidak perlu mengeluarkan uang ataupun harta lainnya, namun kita sudah mendapatkan pahala sedekah. Sungguh Islam sudah mempermudah kita untuk mendapatkan banyak pahala.

Hanya saja kita yang masih belum tergerak hatinya, untuk bisa melakukan amalan kebaikan. Untuk itu marilah kita berdo’a kepada Allaah agar diberikan hati yang lembut. Agar mudah melakukan ibadah yang sudah dianjurkan.


Itulah contoh pembukaan, penutup, dan contoh pidato singkat. Mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa kunjungi artikel lainnya, terima kasih.

Baca juga:
1. Contoh Pidato Agama Islam Tentang 5 Rukun Islam Lengkap Beserta Dalil
2. Contoh Pidato Agama Islam Tentang Shalat Lengkap Beserta Dalil (Mudah di Pahami)
3. Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal
Contoh Ceramah Singkat Untuk Pemula Terbaru (Jelas Dan Mudah Di Pahami) Contoh Ceramah Singkat Untuk Pemula Terbaru (Jelas Dan Mudah Di Pahami) Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.