close
Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal - Kelas Edukasi

Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal

Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal Singkat
Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal Singkat

Pembawa acara atau MC adalah orang yang mempunyai tugas sebagai sohibul bait (tuan rumah) sekaligus yang memimpin acara baik acara pernikahan, pertunjukan, hiburan, lomba, dan acara lainnya. Pembawa acara membawakan jalannya acara atau kegiatan, baik dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca teks yang telah disiapkan, tetapi kadang juga mereka harus memberikan tanggapan atau informasi tanpa naskah atau teks.


MC khususnya lomba, memperkenalkan peserta yang segera akan tampil di atas panggung, mengajak dialog dengan penonton secara interaktif, secara umum  berusaha menjaga durasi acara agar berjalan dengan tertib. Kadang Pembaca acara atau MC di tuntut membawakan dengan hal-hal yang lucu, agar acara tidak terlalu kaku dan monoton (wikipedia). Oleh sebab itu, agar acara dapat berjalan dengan lancar, maka harus ada teks yang dipersiapkan.

Berikut ini Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat,Mudah dihafal dalam acara lomba pidato 3 bahasa, selamat membaca.

(Cek terjemah teks MC bahasa Inggris-nya di sini


Yang mulia ustadz/syaikh....
Yang mulia ustadz/syaikh....
Para ustadz yang dimuliakan
Dan saudara-saudaraku para siswa


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi rabbil’alamin, semoga keselamatan dan kesejahteraan terlimpahkan kepada Rasulullah, pada sahabatnya dan siapa saja yang mengikuti mereka dengan hingga hari pembalasan. Amma ba’du, wahai saudaraku hadirin.

Sekarang kita dalam kesempatan yang baik sekali, kini kita memperoleh kesempatan bersama dalam acara lomba pidato yang diselenggarakan oleh panitia.

Lomba kali ini diikuti sejumlah siswa (santri, mahasantri, pelajar) dari sekian banyak unit, Unit Kulliyatul Muallimin Islamiyah, MTs (SMP), MA (SMA). Kita berharap kepada Allah kiranya memudahkan segala urusan kita, terlebih acara lomba pidato ini.


Hadirin, perkenankan saya membacakan susunan acara kepada Anda sekalian dalam kesempatan ini:
Pertama       : Pembacaan ayat Qur’ani
Kedua          : Pembukaan
Ketiga          : Lomba Pidato 3 Bahasa
Keempat      : Lain-lain
Kelima         : Penutup

Sekarang kita masuki acara pertama, yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ....... (MC menyebut namanya). Dipersilahkan.

Demikian teman-teman, pembacaan ayat Qur’aniyah telah selesai. Kita berharap kepada Allah semoga memberkati dan merahmati kita semua, serta memberikan balasan kepada siapa pun yang mendengarkannya dengan penuh ketundukan dan perhatian

Acara selanjutnya adalah kata sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh saudara kita ...../ustadz ...... selaku ketua panitia pelaksana lomba. Dipersilahkan.

Terima kasih saya sampaikan kepada saudara ....... atas sambutannya. Sekarang tiba giliran kata sambutan kedua yang akan disampaikan oleh saudara ........ /ustadz ........ Dipersilahkan.

Terima kasih banyak saya sampaikan kepada saudara/ustadz ........ atas nasihat berharga yang disampaikan. Mudah-mudahan memberi manfaat kepada kita semua di kemudian hari.

Sekarang tiba giliran acara ketiga yang merupakan inti acara yaitu lomba pidato 3 bahasa. Arab, Inggris, dan Indonesia.

Dalam kesempatan ini, kita akan menyaksikan singa-singa mimbar yang mengaum. Para singa itu akan mengaum di atas mimbarnya dengan mengetengahkan pikiran-pikirannya untuk memotivasi kita kepada yang terbaik untuk kita dan masa depan umat Islam.

Orator pertama adalah saudara kita ....... dengan bahasa ........ dengan judul ........ selaku wakil kelompok ........ kelas/tingkatan ......... Dipersilahkan.


Peserta kedua / orator kedua ialah .......... dst.

Demikian jalannya lomba pada kesempatan ini. Kita berharap agar bisa mengambil faedahnya dari semua pidato yang telah disampaikan oleh para orator pada kesempatan ini.   

Sekarang kita memasuki acara keempat yaitu lain-lain. Dalam kesempatan ini akan diumumkan hasil lomba dan pembagian hadiah dari panitia kepada pemenang.

Sambil menunggu keputusan panitia, ada baiknya kami sajikan beberapa nasyid islami dengan harapan menghilangkan kepenatan dan kelelahan, setelah kita mendengar beberapa pidato.

Hadirin sekalian, sekarang akan kita dengarkan hasil lomba pidato sekaligus penjelasan nama pemenang dari panitia yang akan diwakili oleh ustadz ....... kepada beliau dipersilahkan.

Kami berharap dari beliau ustadz .......... berkenan maju ke atas panggung untuk menyerahkan hadiah bagi pemenang. Dipersilahkan.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada ustadz ..........
Demikian para hadirin, dengan demikian selesai sudah rangkaian acara pada acara hari ini, dan kita berharap kepada Allah ta’ala agar meridhai kita semua atas segala yang kita kerjakan pada kesempatan ini.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak kepada hadirin semua, atas partisipasinya demi kesuksesan acara ini. Akhir kata..

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




Penutup, semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat dan mudah-mudahan dapat dijadikan referensi sobat semua dalam mempersiapkan diri menjadi pembawa acara yang sukses. Yang masih penasaran atau yang mau request silahkan komen di kolom komentar. Di tunggu kedatangan di artikel berikutnya. Terima kasih.

Related posts:
Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal Reviewed by Ahmad Sobri on Januari 04, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.