close
25+ Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu - Kelas Edukasi

25+ Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu

Dari dahulu sampai sekarang pantun lucu masih banyak dicari apalagi pantun anak anak sekolah. Pada kesempatan kali ini (cek artikel sebelumnya di sini) mimin akan berbagi pantun lucu banget, pantunnya untuk anak-anak SD, pastinya pantun anak muda. Isi pantun dijamin lucu dan singkat sangat menghibur, pantun lucu 2018 atau pantun berbalas lucu semuanya ada dalam artikel ini.

Yuk, kita cek di bawah ini pantunnya. Selamat membaca dan semoga terhibur...!!!

25+ Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu
Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu

Buah ara, batang dibantun,
mari dibantun dengan parang.
Hai saudara dengarlah pantun,
pantun tidak mengata orang.

Mari dibantun dengan parang,
berangan besar di dalam padi.
Pantun tidak mengata orang,
janganlah syak di dalam hati.

Berangan besar di dalam padi,
rumpun buluh dibuat pagar.
Jangan syak di dalam hati,
maklum pantun saya belajar.

Rumpun buluh dibuat pagar,
cempedak dikerat-kerati.
Maklumlah pantun saya belajar,
saya budak belum mengerti.

Cempedak dikerat-kerati,
batang perepat saya runtuhkan.
Saya budak belum mengerti,
sebarang dapat saya pantunkan.

Batang perepat saya runtuhkan,
berangan di atas kota.
Sebarang dapat saya pantunkan,
jangan pula saya dikata.

Berangan di atas kota,
cerana patah dipijak.
Jangan pula saya dikata,
karena saya bukannya bijak.

Cerana patah dipijak,
patah dipijak ‘ncik Sitti.
Saya ini bukannya bijak,
tambahan tidak mengerti.

Patah dipijak oleh ‘ncik Sitti,
kain tersangkut jatuh ke lumpur.
Tambahan pula tidak mengerti,
dapat sedikit beribu syukur.

Maulah kami hendak melapun,
lapun di bawah limau lungga.
Maulah kami hendak berpantun,
pantun sebuah hilang pula.

Maulah kami hendak melapun,
lapun di bawah ‘rang menjaja.
Jangan marah kami berpantun,
budak kecil biasa manja.

Lapun dibawa ‘rang menjaja,
datanglah dari Pulau Batu,
Budak kecil biasa manja,
mamak dahulu juga begitu.

Elok rupanya kembang janti,
dibawa itik pulang petang,
Tidak terkata besar hati,
melihat ibu sudah datang.

Dibawa itik pulang petang,
dapat di rumput bilang-bilang.
Melihat ibu sudah datang,
hati cemas menjadi hilang.

Dapat di rumput bilang-bilang,
mengisap bunga dengan mayang.
Hati cemas menjadi hilang,
perut lapar menjadi kenyang.


Juragan bernama Sutan Tahir,
muat beras bercampur pulut.
Selama masa adikku lahir,
telah boleh kawan bergelut.

Orang Bandung memintal kapas,
anak Cina berkancing tulang.
Ayah kandung pulanglah lekas,
anakanda rindu bukan kepalang.

Pergi mengail umpan sinangis,
dapatlah limbat gedang-gedang.*)
Adik kandung jangan menangis,
orang penangis lambat gedang.
*Besar

Cina gemuk membuka kedai,
menjual embeh dengan pasu.
Bertepuk adikku pandai,
boleh diupah dengan susu.

Ramai orang bersorak-sorak,
menepuk gendang dengan rebana.
Alang besarnya hati awak,
mendapat baju dengan celana.

Saya tidak pandai menari,
sebarang tari saya tarikan
Saya tidak pandai bernyanyi,
sebarang nyanyi saya nyanyikan.

Cempedak di luar pagar,
tarik galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
kalau salah tolong tunjukkan.

Pisang mas bawa berlayar,
masak sebiji di atas peti.
Utang mas boleh dibayar,
utang budi dibawa mati.

Anak beruk di tepi pantai,
masuk ke bendang memakan padi.
Biar buruk kain dipakai,
asalkan pandai mengambil hati.

Tiada boleh menetak jati,
papan di Jawa dibelah-belah.
Tiada boleh kehendak hati,
kita di bawah perintah Allah.

Anak udang, udang juga,
bolehkah jadi anak tenggiri?
Anak orang, orang juga,
bolehkah jadi anak sendiri?

Manis sungguh tebu seberang,
dari akar sampai ke pucuk.
Manis sungguh mulut orang,
kita menangis jadi terpujuk.

Tengah rembang panas teduh,
peluh di badan habis bertitik.
Ayuhai saudara jangan bergaduh,
lihatlah bunda sudah berbalik.

Kulit lembu celupkan samak,
mari dibuat tapak kasut.
Harta dunia janganlah tamak,
kalau mati tidak mengikut.

Bagaimana baguskan artikelnya? Jangan lupa share dan komen ya, dan ajak sobat-sobat lainnya untuk berkunjung ke artikel mimin lainnya juga ya gaes, terima kasih.

Baca juga: 
25+ Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu 25+ Pantun Anak-anak Singkat dan Lucu Reviewed by Ahmad Sobri on Februari 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.