close
Ciri Ciri Ceramah Lengkap Beserta ( Pengertian, Tujuan, dan Contoh) - Kelas Edukasi

Ciri Ciri Ceramah Lengkap Beserta ( Pengertian, Tujuan, dan Contoh)

Pengertian ceramah secara global adalah suatu bentuk komunikasi yang di dalamnya tanpa secara langsung memiliki sifat mengajak juga bisa sebagai sarana memberikan petunjuk hidup sesuai pedoman Agama, yang dimana semua itu ditunjukkan kepada para jama’ah yang hadir atau menyimak kegiatan tersebut secara langsung ataupun tidak.

Ceramah saat ini bisa lebih mudah menyebar ke segala daerah, apalagi dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Kita bisa menyaksikan isi ceramah lewat televisi, radio, maupun video yang tersebar di internet.

Namun alangkah jauh lebih baik, jika kita bisa langsung hadir dalam ceramah itu sendiri. Karena memiliki keutamaan tersendiri dari sisi Agama.

Ceramah Jafar Umar Thalib
Ceramah Jafar Umar Thalib

Ciri-ciri ceramah di antara lain :


1.Banyak pendengar yang ada untuk menyaksikan atau mengambil ilmu dari ceramah itu sendiri
2.Di dalamnya biasa disampaikan nasehat, pedoman hidup sesuai dengan kita suci yang dimiliki oleh setiap agama
3.Materi yang disampaikan biasanya melalui lisan, namun tidak menutup kemungkinan juga diselingi dengan tulisan dengan media papan tulis, bisa juga dengan menggunakan lcd proyektor yang disambungkan ke laptop.
4.Posisi penceramah biasanya duduk di hadapan orang banyak, bisa juga berdiri dengan menggunakan ekspresi.
5.Biasanya terdapat sesi tanya jawab sesuai tema yang telah di bahas dan terkadang di luar tema juga ada.
6.Ceramah berisi struktur yang lengkap, yang biasanya terdiri dari pembukaan, isi dan penutupan.

Tujuan Ceramah diantaranya adalah sebagai berikut ini :


1.(Informatif) Mampu memberikan informasi kepada setiap pedengar yang hadir langsung dalam acara maupun tidak secara langsung melalui media elektronik, mengenai suatu hal penting biasanya berisi tentang ilmu keagamaan.
2.Persuasif, yang artinya penceramah mengajak para pendengar agar mau mengamalkan apa ilmu yang telah disampaikan, dengan harapan para pendengar bisa menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan bermanfaat. Baik untuk diri sendiri, keluarga taupun masyarakat sekitar.
3.Juga bersifat argumentatif, dimana untuk meyakinkan para pendengar akan apa yang disampaikan.

Berikut adalah contoh Ceramah Singkat Mengenai Perintah Untuk Berqurban.

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bissmillah.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inu wa nastaghfiruhu wa na'audzubillah minsyururi ‘anfusina wa minsayyi’ati ‘amaalinaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudh lil falaa haadiyalah

Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Amma ba’du.

Para jama’ah yang in syaa Allaah dimuliakan oleh Allaah.

Ibadah qurban adalah termasuk ibadah yang bersifat sosial. Berguna untuk melatih seseorang untuk menyalurkan sebagian saja hartanya berupa daging, yang dibagikan kepada saudara, tetangga khususnya bagi orang yang kurang mamapu.

Ibadah qurban memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya. Kalimat Qurb atau qurban yang berarti “dekat”, dengan imbuhan ‘an’ (alif dan nun) yang mengandung arti “kesempurnaan”. Sehingga dalam arti kata bahasa Indonesia “kurban” berarti “kedekatan yang sempurna”. Dalam Al Qur’an sendiri, kalimat qurban terulang tiga kali. Dalam surah Ali Imran ayat 183, Al Maidah ayat 27 dan Al Ahqaf ayat 28.

Jadi qurban adalah penyembelihan binatang tertentu yang telah disyariatkan oleh Islam, yang dilakukan pada hari raya iedul adha dan tiga hari sesudahnya atau biasa disebut hari tasyrik (tanggal 11, 12, 13 dzulhijjah), yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allaah.

Para jama’ah yang in syaa Allaah dimuliakan oleh Allaah.
Kemudian dalam ilmu fiqih, kurban bisa juga diartikan sebagai udhiyyah (karena pelaksanaanya yang jatuh pada hari raia iedul adha dan tiga hari setelahnya. Dan berasal juga dari kata dahwah atau waktu duha (waktu saat matahari sedang naik di pagi hari).

Banyak seklai hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban ini, di antaranya adalah bukti syukur kita kepada Allaah. Karena kita telah mengeluarkan harta yang telah Allaah titipkan kepada kita, untuk digunakan dalam rangka kebaikan, yaitu berkurban.

Allaah berfirman dalam Al Qur’an surah Al Hajj ayat 34 yang artinya,” Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allaah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allaah kepada mereka, maka Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu hanya kepada Nya. Dan berilaknlah kabar gembira kepada setiap hamba yang tunduk patuh hanya (kepada Allaah),...”

Para jama’ah yang in syaa Allaah dimuliakan oleh Allaah.

Kemudian qurban juga merupakan bentuk taqwa hamba Allaah, kepada Allaah. Dan artinya taqwa itu memang butuh pembuktian, bukan hanya sekedar ungkapan saja.

Yaitu tunduk untuk mengikuti segala perintah Allaah, mengikuti petunjuk yang dicontohkan oleh Rasulullah. Dan bukti ketaatan itu adalah hati rela demi mencari ridha dari Allaah semata, untuk mengeluarkan hewan qurban pada hari raya iedul adha.

Allaah Ta’ala berfirman yang artinya,” daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allaah, melainka ketaqwaan dari kalianlah yang mampu mencapainya. 

Demikianlah Allaah telah menundukkannya untuk kalian, supaya kalian mengagungkan Allaah terhadap hidayah Nya kepada kalian. Dan berilah kabar gembir kepada orang-orang yang berbuat baik’’.

Demikianlah yang sedikit ini, yang bisa saya sampaikan, saya mohon maaf atas kekurangan yang saya miliki, dan kepada Allaah saya mohon ampun.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh



Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi kalian dalam berpidato. Kunjungi juga artikel yang penuh manfaat dan bagus tentunya, berikut linknya. Terima kasih atas kunjungannya.


Ciri Ciri Ceramah Lengkap Beserta ( Pengertian, Tujuan, dan Contoh) Ciri Ciri Ceramah Lengkap Beserta ( Pengertian, Tujuan, dan  Contoh) Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.