close
Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah - Kelas Edukasi

Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah

Halo gaes masih bersama mimin kelaseduka.com. pada kesempatan kali ini mimin akan share pidato tentang hijab singkat atau contoh ceramah agama islam tentang hijab. Kenapa mimin ambil tema ini karena pidato tentang hijab di kalangan remaja sangat dicari hehe.., apalagi ceramah tentang hijab syar'i, ceramah tentang hijab dan akhlak, pidato singkat tentang menutup aurat bagi wanita, teks ceramah tentang wanita muslimah, atau ceramah singkat tentang hijab di kalangan remaja.

Langsung aja ya sobat-sobat soleh/solehah. Selamat membaca…!!!

Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan penyayang. Segala puji hanya milik Allah. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad saw. Rasul terakhir yang mengajarkan Al-Islam untuk seluruh umat manusia.

Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada pembawa acara yang telah mempersilakan saya berbicara di hadapan hadirin dalam kesempatan kali ini. Baiklah, izinkan saya untuk berbicara dengan tema:

Hijab Itu Indah

Pertama kali saya mau mengajukan satu pertanyaan: Apa itu hijab atau jilbab? Saya kira kita semua tahu bahwa jilbab adalah pakaian khusus yang dipakai oleh seorang muslimah untuk menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Jilbab itu sendiri terdiri baju panjang dan kerudung. Islam memberikan kebebasan kepada muslimah untuk memakai jilbab dengan warna yang sesuai dengan selera mereka. Jilbab yang mereka kenakan tidaklah semata menutupi tubuh, tetapi harus baik dan sesuai dengan yang Islam ajarkan, yaitu tidak ketat serta transparan atau menyerupai model pakaian laki-laki. Wanita yang berjilbab tetapi ukurannya ketat, seksi dan memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh sama saja dengan berjilbab tapi telanjang.


Hadirin yang berbahagia...    

Sejarah jilbab di negeri kita di mulai di awal tahun tujuh puluhan ketika sebagian kecil kaum muslimah mulai memakainya. Ada banyak sekali tantangan dan halangan yang mereka hadapi ketika mereka memutuskan untuk memakainya. Sebagian dari mereka harus berdebat dengan guru atau kepala sekolah mereka yang tidak mengizinkan mereka memakai jilbab. Memakai jilbab adalah tanda kuatnya keyakinan seorang muslimah dalam melaksanakan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kita masih ingat dengan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Bimbo mengisahkan tentang Aisyah, seorang mahasiswi memakai jilbab dan mendapatkan nilai yang sangat baik di kampusnya dan menjadi panutan banyak orang. Lagu ini mungkin memberikan impresi yang baik di benak orang tentang hubungan antara istiqamah dalam agama dengan prestasi belajar atau karier yang baik. Dalam lagu itu Aisyah digambarkan sebagai mahasiswi yang pintar, energik dan shalihah. Aisyah menjadi pelopor pemakai jilbab yang kemudian diikuti oleh ribuan muslimah lainnya sampai saat ini.

Sekarang ini kita bisa melihat kaum muslimah yang memakai jilbab bukan hanya di tempat pengajian atau di sekolah-sekolah Islam, tapi kita juga bisa melihat mereka dimanapun. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan karena menjadi indikator adanya peningkatan pemahaman agama mereka. Jilbab atau hijab bukanlah halangan bagi kaum muslimah untuk aktif dalam kehidupan sehari-hari. Mereka masih bisa terus beraktivitas dengan berjilbab.

Mengapa banyak kaum muslimah yang sekarang memakai jilbab? Barangkali ada banyak alasan untuk itu. Pertama, karena meningkatnya pemahaman mereka terhadap ajaran Islam. Kedua, mungkin karena merasa malu melihat orang lain sudah berjilbab sehingga kemudian ikut-ikutan memakainya. Wanita dalam kategori ini mungkin akan dengan mudah melepas jilbabnya begitu mereka berada di tengah komunitas non-pemakai jilbab. Ketiga, karena sekarang ini jilbab dianggap fashion yang up to date.


Mari kita lihat apa saja manfaat dari memakai jilbab ini. Pertama di atas segala-galanya adalah sebagai bentuk ketaatan kita kepada perintah Allah. Dia berfirman di dalam surat An-Nur ayat 31 yang mewajibkan seluruh kaum muslimah untuk menghiasi tubuh mereka dengan pakaian yang menutupi aurat yaitu jilbab. Memakai jilbab tentu saja adalah amal saleh yang akan diberi pahala oleh Allah. Kedua, jilbab akan menjadi perlindungan dari orang-orang yang berniat buruk terhadap kaum muslimah. Jilbab pun bisa menghalangi mereka dari perbuatan yang buruk. Paling tidak mereka akan merasa malu untuk melakukan sesuatu yang buruk kalau mereka memakai jilbab. Ketiga, jilbab juga bisa membuat mereka nampak lebih cantik dan anggun. Barangkali ada banyak manfaat lain selain apa yang baru saya sampaikan.

Hadirin yang dimuliakan Allah...

Sekarang ini, para jilbaber (pemakai jilbab) harus meningkatkan sikap dan perilaku mereka. Seorang jilbaber harus menjadi pelopor yang memperlihatkan pribadi pintar, bersemangat, rajin dan juga berakhlak mulia. Sebagai muslimah yang berjilbab mereka harus memperlihatkan bahwa jilbab bukanlah penghalang untuk sukses. So, jadilah Anda seorang muslimah yang berjilbab dan sukses.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Mohon maaf bila terdapat kesalahan, dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri wabillahit-taufik wal-hidayah..

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 


Jazakumullah khair saya ucapkan kepada sobat setia telah berkunjung di blog saya. Silakan kembali dan beri komentarnya ya sobat-sobat sekalian, bila perlu share sebanyak-banyaknya agar yang lain mendapat manfaat dari artikel ini. Terima kasih


Artikel Terkait: 






Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah Reviewed by Ahmad Sobri on Januari 26, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.