close
Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu' - Kelas Edukasi

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu'

Halo sahabat setia pengunjunng kelaseduka.com, sebelumnya mimin sudah share loh artikel Contoh Teks Ceramah islami Singkat Tentang Tawakal. Nah, kali ini mimin akan berbagi kepada sobat-sobat semua ceramah atau kultum kiat sholat khusyu', ceramahnya dijamin singkat. Adakah di antara sobat mencari ceramah singkat tentang ibu? Ceramah singkat tentang ilmu? Contoh teks ceramah umum? Ceramah singkat tentang sedekah? Kalau banyak yang butuh, mudah-mudahan mimin punya kesempatan dan umur panjang untuk membahas request sobat-sobat semua yang tampan dan cantik hehe..

Tunggu apalagi, berikut ini contoh ceramah singkat tentang sholat khusyu', jangan lupa dipahami lalu dihafal kemudian dipraktekkan depan sahabat yang lain...Selamat membaca!!!

 Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu
Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu'

KHUSYU’ DALAM SOLAT


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah penguasa semesta alam, shalawat beserta salam kiranya mengalir kepada penutup para nabi, keluarga dan para sahabatnya, serta siapa saja yang mau mengikuti petunjuknya hingga hari pembalasan. Dan saya bersaksi bahwa tiada sesembahan yang hak selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya.

Saudaraku yang beriman, banyak orang bertanya-tanya tentang khusyu' dalam solat, bagaimana meraihnya, dan bagaimana jalan merealisasikannya. Kita kali ini akan mengutip komentar salah seorang imam muslimin dari hasil renungannya, yang beliau berusaha semaksimal mungkin agar termasuk dalam golongan orang yang khusyu' dalam solatnya.

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah: “Hati yang sarat kecintaan kepada Allah, takut, berharap, mengagungkan dan membesarkan-Nya karena solat, tidaklah sama dengan hati yang kosong lagi roboh.”

Kalau ada dua orang menghadap Allah dalam solat, yang satu menghadap dengan hati yang patuh dan khusyu' dan dekat kepada-Nya, serta selamat dalam bisikan-bisikan jahat, naka anggota badannya sarat dengan wibawa dan cahaya iman memancar terang padanya. Tersingkir dari dirinya sekat-sekat jiwa dan asap syahwat, sehingga ia berada dalam kebun makna-makna Al-Qur’an.

Hatinya tercampuri oleh kemanisan iman terhadap esensi asma dan sifat Allah, ketinggian, keindahan, dan kesempurnaannya yang agung. Allah subhanahu teresakan dengan lambang kebesaran-Nya dan sifat kesempurnaan-Nya.

Para hadirin yang dimuliakan Allah..

Jika seorang hamba mengucapkan ‘Saya berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk’, berarti ia kepada penjagaan yang amat kuat dan melindungi diri dengan kekuatannya dari musuhnya yang ingin memutusnya dari Rabbnya, serta menjauhkannya dari kedekatan-Nya agar ia dalam keadaan paling mengenaskan.

Jika seorang mengucapkan Alhamdulillahi rabbil-alamin (QS. Al-Fatihah : 1), maka ia berhenti sebentar menunggu jawaban Rabbnya dengan ucapan-Nya, hamba-Ku memuji-Ku. Jika ia mengucapkan Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang, ia menunggu jawaban ucapan-Nya, hamba-Ku menyanjung-Ku, dan jika ia mengucapkan Yang Menguasai hari pembalasan, ia menunggu jawaban-Nya dengan ucapan-Nya, hamba-Ku memuliakan-Ku.

Para hadirin yang berbahagia..

Alangkah lezat hatinya, kesejukan matanya, serta kebahagian jiwanya karena ucapan Rabbnya ‘hamba-Ku’ yang diulang sebanyak 3 kali. Demi Allah, kalaulah hatinya tidak terkotori oleh asap syahwat dan mendung jiwa, niscaya jiwanya dikuasai kegembiraan atas ucapan Rabbnya dan penciptanya, “hamba-Ku memuji-Ku, hamba-Ku menyanjung-Ku, hamba-Ku memuliakan-Ku”.

Semoga Allah melimpahkan barakah kepada saya dan kalian dengan isi Al-Qur’anul azhim, dan memberi manfaat kepada saya dan kalian dengan segala isinya yang berupa ayat dan peringatan yang bijaksana. cukup sekian, saya memohon ampun dari setiap dosa kepada Allah yang Mahaagung bagi saya, kalian dan seluruh muslimin, sesungguhnya Dia Mahapengampun lagi Mahapenyayang.

Mungkin cukup sekian dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, karena manusia tempatnya salah dan khilaf, hanya Allah sajalah yang Mahasempurna. Saya akhiri wabillahit-taufik wal-hidayah..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Terima kasih telah berkunjung di web kelaseduka.com. Silakan kembali dan beri komentarnya ya sobat-sobat sekalian, bila perlu share sebanyak-banyaknya agar yang lain mendapat manfaat dari artikel ini!! Terima kasih!!







Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu' Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat Khusyu' Reviewed by Ahmad Sobri on Desember 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.