close
Contoh Teks Ceramah islami Singkat Tentang Tawakal - Kelas Edukasi

Contoh Teks Ceramah islami Singkat Tentang Tawakal

Hai...sobat pengunjung setia kelaseduka.com, sebelumnya mimin sudah share artikel Contoh Pidato Agama IslamTentang Sholat Lengkap Beserta Dalil. Nah, kali ini mimin akan berbagi kepada sobat-sobat semua naskah pidato tentang tawakal, pastinya ceramah singkat tersebut berbicara tentang optimis dalam ikhtiar dan bersandar kepada Allah. Apakah sobat semua ingin mimin bahas pidato singkat sabar itu indahpidato singkat agama islam tentang sedekah? Tapi nanti ya gaes, in sya’ Allah pada kesempatan ini kita akan membahas contoh ceramah atau khutbah singkat dakwah tentang tawakal berbahasa Indonesia. Adapun pidato bahasa Arab tentang tawakal di lain kesempatan ya sobat-sobat semua!!

Berikut ini teks ceramah islami singkat tentang tawakal, jangan lupa dipahami lalu dihafal kemudian dipraktekkan ya...Selamat membaca!!!



BERTAWAKAL KEPADA ALLAH


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah yang Mahakuat lagi Mahakokoh, Raja yang Mahabenar lagi Mahanyata. Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang hak selain Allah semata. Kepada-Nya kami beribadah dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan.

Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, penghulu para rasul utusan. Imam orang bertakwa. Ya Allah, limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabat beliau semua, juga kepada orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

Wahai manusia, bertakwalah kepada Allah, pegang teguhlah tali Allah, dan bertawakallah dalam segala urusan kalian kepada Allah. “Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.” (Ali Imran : 122).

Meminta pertolongan dan tawakkal kepada-Nya adalah termasuk kewajiban iman teragung, amal paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sesungguhnya segala urusan tak akan beres dan selesai, selain dengan meminta pertolongan kepada Allah.

Dan seorang hamba tak akan memperoleh perubahan dari suatu keadaan kepada keadaan lain, selain dengan pertolongan Allah. Dan mereka sama sekali tak akan mempunyai kekuatan taat kepada Allah, selain dengan petunjuk-Nya. Demikian pula sebab-sebab rejeki tidak akan bisa datang dan tiba, selain dengan berusaha mencari sekaligus disertai bertawakal kepada Allah.

قَالَ : لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرُزِقْتُمْ كَمَا تُرْزَقُ الطَّيْرُ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانً

Rasulullah saw bersabda, “Seandainya kalian benar-benar bertawakal pada Allah, tentu kalian akan diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. Ia pergi di pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali di sore hari dalam keadaan kenyang.”  (HR. Tirmidzi no. 2344)

Allah memberi ciri orang yang bertawakkal dengan dua ciri, berusaha mencari rejeki dan menyandarkan kekuatan kepada Dzat yang memunculkan sebab. Siapa saja yang kehilangan dua ciri ini atau salah satu dan keduanya, ia termasuk orang yang merugi.

Sungguh tak ada kekuatan selain pertolongan Allah dan petunjuk-Nya, dan itulah persiapan orang mukmin. Tidak ada kebahagian dan kesejahteraan, selain dengan beribadah kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya. Dialah Dzat yang berhak disembah, dan Dialah sebaik-baik pemberi pertolongan;

رَّبَّنَا عَلَيۡكَ تَوَكَّلۡنَا وَإِلَيۡكَ أَنَبۡنَا وَإِلَيۡكَ ٱلۡمَصِيرُ ٤
"Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali" (Al-Mumtahanah : 4)

Semoga Allah memberi barakah kepada saya dan kalian dengan isi Al-Qur’anul azhim, dan memberi manfaat kepada saya dan kalian dengan segala isinya yang berupa ayat dan peringatan yang bijaksana. Kuucapkan sekian dan saya beristighfar kepada Allah untuk saya dan kalian. Dan mohon beristighfarlah kalian kepada-Nya, sesungguhnya Dia Mahapengampun lagi Mahapenyayang.

Mungkin cukup sekian dari saya. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Terima kasih telah berkunjung!! Silakan kembali dan beri komentar sobat-sobat semua! Terima kasih!!






Contoh Teks Ceramah islami Singkat Tentang Tawakal Contoh Teks Ceramah islami Singkat Tentang Tawakal  Reviewed by Ahmad Sobri on Desember 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.