close
Contoh Pidato Agama Islam Tentang Solat Singkat Lengkap Beserta Dalil - Kelas Edukasi

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Solat Singkat Lengkap Beserta Dalil

Hai gaes...di sini saya akan berbagi artikel. sebelumnya saya sudah posting  Contoh Pidato Agama IslamTentang 5 Rukun Islam.Nah, sekarang saya akan membahas ceramah atau pidato tentang kewajiban shalat, kenapa saya posting artikel ini di blog saya? Karena saya anggap ceramah tentang sholat itu tiang agama pasti banyak dicari orang khususnya umat muslim yang ingin mencari teks ceramah singkat tentang sholat berjamaah yang berkualitas atau ceramah tentang keutamaan shalat 5 waktu. Semoga dapat menjadi referensi kita dalam berpidato dan berceramah di depan khalayak ramai. teks ceramah lucu tentang sholat ada yang setuju gak? Atau pidato tentang sholat beserta dalil dari Al-Qur'an dan haditsnya? Atau teks pidato tentang mendirikan shalat? Atau sobat banyak yang mencari ceramah tentang sholat 5 waktu mp3? semua nya itu in sya' Allah akan mimin share di web ini tapi nanti ya, gak usah panjang lebar langsung saja ya sobat berikut Contoh Pidato Agama Islam Tentang Shalat Lengkap Beserta Dalil.

Berikut contoh teksnya. Selamat membaca!





HIKMAH DISYARIATKANNYA SHALAT


السَّلاَمُ عَلَيكُمْ وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat petunjuk dari Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuk baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

Saya mengajak para hadirin semua pada hari ini, mari kita senantiasa meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah. Dan bersyukur atas rahmat dan nikmat yang telah mengizinkan kita untuk dapat hadir dalam acara ini.

Para hadirin yang terhormat,

Allah yang mewajibkan shalat bagi hamba-Nya untuk hikmah agung dan rahasia besar, dan Allah jadikan shalat ini sebagai penghapus dosa kecil dari waktu ke waktu.

Wahai manusia, kita membutuhkan Allah, dan mustahil kita tidak membutuhkan-Nya dalam sekejap mata pun. Maka sembahlah Dia, bersyukurlah kepada-Nya dan sebutlah, serta bersyukurlah kepada-Nya secara kontinyu. Allah telah mensyariatkan berupa ibadah yang mendekatkan kita kepada-Nya, dan yang demikian pasti mendatangkan pahala dan ganjaran.

Allah mensyariatkan lima waktu shalat yang membersihkan hati dari dosa, dan menghantarkan hamba ke puncak keinginan. Shalat ada hubungan antara seorang hamba dan penciptanya, yang mensucikan lahir dan batinnya, yaitu ketika ia ingin shalat, maka ia mendatanginya dengan kesucian bathiniah dan lahiriahnya.

Dan ia berdiri di antara Rabb-nya secara khusyu’ dan tunduk, tidak menoleh dengan wajahnya dan tidak pula hatinya. Lantas ia rukuk membungkukkan punggung dan kepalanya  untuk mengagungkan Allah yang Mahaagung.

Bacaan Subhan Rabbiyal azhim menghadirkan ingatan terhadap keagungan-Nya.
Allah berfirman:  
فَسَبِّحۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلۡعَظِيمِ
Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar (QS. Al-Waqi’ah : 74) dan Nabi bersabda, “Jadikanlah bacaan itu dalam rukuk  kalian.” (HR. Abu Daud no. 869). Kemudian setelah ia lafalkan bacaan-bacaan yang mengagungkan Allah, ia angkat kepalanya seraya memuji Rabb-nya atas kebaikan-Nya yang sempurna dan sifat-Nya yang tinggi. Sesungguhnya Dia Mahaterpuji dalam setiap keadaan.

Para hadirin yang di rahmati Allah,

Kemudian ia tersungkur sujud meletakkan anggota badannya yang paling tinggi dan organ tubuhnya yang paling mulia di atas tanah, serta seluruh organ tubuhnya yang produktif, wajah, tangan, kaki. Kesemuanya melekat di tanah sehingga tak ada satu pun di atas yang lain.

Setelah ia memuji Rabb-nya yang Mahatinggi, ia berdoa kepada Allah dengan apa yang disukainya. Nabi berujar, “Ketika sujud, maka perbanyaklah doa, sebab doa ketika itu lebih layak dikabulkan.” (HR. Muslim no. 479)

Setelah sujud dan pasrah kepada Allah ini, ia bangkit dan duduk selaku orang yang patuh, dengan meletakkan kedua tangannya di atas kedua pahanya, meminta Rabb-nya akan ampunan, rahmat, dan keselamatan. Demikian dalam shalatnya ia meneruskan yang demikian. Kemudian ia kembali kepada shalawat dan permohonan keberkahan untuk Nabiyullah saw, lantas ia meminta perlindungan kepada Allah dari keburukan dunia akhirat.

Ia mengucapkan “Saya berlindung kepada Allah dari siksa jahannam dan kubur, dari ujian kehidupan dan kematian, serta ujian masih dajjal.” Dan berdoa sekehendaknya. Maka kenikmatan mana lagi yang lebih agung daripada kenikmatan ini, dan keadaan mana lagi yang lebih baik daripada keadaan ini? Karenanya, shalat adalah pandangan yang menyejukkan bagi orang yang beriman, serta taman kedamaian orang-orang yang rindu, serta kehidupan hati orang-orang yang ingat Allah, lantas membuahkan hasilnya yang besar.

Sehingga ia temukan hatinya mencintai kebaikan dan membenci kemungkaran, dan terealisir baginya firman Allah ta’ala, “Sesunggunya shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.” (Al-Ankabut [29]: 45).

Semoga Allah melindungi kita dari bisikan setan dan halangannya, dan menjadikan kita di antara orang-orang  yang merealisasikan firman Allah ta’ala, “Jagalah semua shalat dan shalat wustha (ashar), dan berdirilah kepada Allah dengan penuh ketundukan (Al-Baqarah [2]: 238).

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Wabillahit taufiq walhidayah.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاتُهُ


Terima kasih telah berkunjung!! Silakan kembali dan beri komentar sobat-sobat semua! Terima kasih!!




Contoh Pidato Agama Islam Tentang Solat Singkat Lengkap Beserta Dalil Contoh Pidato Agama Islam Tentang Solat Singkat Lengkap Beserta Dalil Reviewed by Ahmad Sobri on Desember 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.