close
Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi - Kelas Edukasi

Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi

Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi



 Daftar Isi:

  1. 1. Hakikat Ilmu Sosiologi
  2. 2. Ciri-Ciri dan Sifat Ilmu Sosiologi
  3. 3. Pembagian Cabang-Cabang Objek Sosiologi


1. Hakikat Ilmu Sosiologi


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia lainnya yang berada dalam suatu kelompok yang bernama masyarakat.

Keilmuan sosiologi pada fundamental merupakan salah satu cabang dari kelompok kelimuan sosial yang bersifat empiris, teoritis, komulatif, no etis, terapan / murni, abstrak, dan beberapa sifat lainnya.


2. Ciri-Ciri dan Sifat Ilmu Sosiologi

Penjelasan mengenai ciri dan sifat sosiologi adalah sebagai berikut :

a. Sosiologi bersifat empiris, artinya ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.

b. Sosiologi bersifat teoretis artinya suatu ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang bertujuan menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

c. Sosiologi bersifat komulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama.

d. Sosiologi bersifat no etis, artinya pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan buruk atau baik masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.

e. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan antara sosial, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa sosiologi mempelajari atau berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan.

f. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan normatif, artinya adalah dalam sosiologi objek yang dipelajari dibatasi pada apa yang terjadi sekarang dan bukan apa yang seharusnya terjadi pada saat ini.

g. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan pengetahuan yang konkret. Artinya, yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola-pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, bukan hanya peristiwa itu sendiri.

h. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum manusia dan masyarakatnya. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia serta sifat, bentuk, isi dan struktur masyarakat.

i. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum, bukan khusus, artinya sosiologi mempelajari gejala-gejala umum yang ada pada interaksi antar manusia.

3. Pembagian Cabang-Cabang Objek Sosiologi

Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antara manusia dan proses yang timbul akibat hubungan manusia dalam masyarakat. Karena yang dipelajari dalam sosiologi amatlah luas diantaranya ialah :

a) Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lain
b) Hubungan antara individu dengan kelompok
c) Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain
d) Sifat-sifat dari kelompok-kelompok sosial yang bermacam-macam coraknya.

Berdasarkan kekhususan dari ruang lingkupnya, Soerjono Soekanto mengklasifikasikan sosiologi menjadi dua macam cabang, yaitu sosiologi umum dan khusus. Penjelasannya ialah sebagai berikut :

a. Sosiologi Umum Mempelajari dan menyelidiki tingkah laku manusia pada umumnya, dalam mengadakan hubungan masyarakat.
b. Sosiologi Khusus Mempelajari dan menyelidiki berbagai sektor kehidupan bermasyarakat, dari suatu segi kehidupan tertentu.

Contoh:
1) Sosiologi industri, membahas masyarakat dalam dunia industri.
2) Sosiologi politik, membahas masyarakat dalam hubungannya dengan politik.
3) Sosiologi pembangunan, membahas masyarakat di dalam pembangunan.
4) Sosiologi pedesaan, membahas masyarakat di pedesaan. 6) Sosiologi perkotaan, membahas masyarakat di kota-kota.
5)  Sosiologi pendidikan, membahas hubungan gejala kemasyarakatan dengan pendidikan. Dan masih ada sosiologi yang lain. Beberapa teori-teori sosiologi itu yang paling banyak adalah berasal dari barat. Orang yang pertama kali memakai istilah atau pengertian sosiologi adalah Auguste Comte yang dianggap sebagai bapak sosiologi pertama.
6) Sosiologi hukum, membahas tingkah laku manusia dan masyarakat dalam kaitannya dengan hukum yang berlaku.

Demikianlah, pembahasan tentang Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi, semoga bermanfaat dan sukses dalam ujian. Jangan lupa kunjungi artikel mimin lainnya, karena masih banyak artikel keren postingan mimin yang sobat belum cek dan pelajari, terima kasih, salam sukses.


Baca juga artikel terkait: 




Baca juga artikel terkait:


Baca juga artikel terkait: 
Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi Ciri-ciri, Hakikat, serta Pembagian Cabang Objek Kajian Sosiologi Reviewed by Unknown on Februari 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.