close
Pengertian, Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi - Kelas Edukasi

Pengertian, Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi

Pengertian, Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi


Pengertian dan Ruang Lingkup Kajian Sosiologi 


Sosiologi merupakan cabang keilmuan yang mempelajari tentang hubungan keterkaitan antara satu individu dengan lainnya dalam sebuah tatanan lingkup masyarakat. Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius yang artinya kawan dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi, sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara teman dan teman, yaitu hubungan antara seorang dengan seorang, seorang dengan golongan maupun golongan dengan golongan.

Dalam perumusan ini terdapat perkataan hubungan antara teman dengan teman. Pengertian teman di sini berbeda dengan pengertian sehari-hari yang biasa kita pakai. Pengertian teman di sini ialah bahwa di dalamnya termasuk pengertian kawan dan lawan.

Para ahli mencoba mendefinisikan beberapa pengertian dari sosiologi berdasarkan tinjauan observasi masing-masing dalam masyarakat. Pendapat para ahli mengenai hal tersebut adalah sebagai berikut :

a. William F. Orgburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

b. Roucek dan Warren Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok.

c. J.A.A. Van Doorn dan C.J. Lammers Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

d. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

e. Pitirim A. Sorokin Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hal-hal seperti hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dan gerak masyarakat dengan politik),  hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala nonsosial (gejala geografis dan gejala biologis), dan ciri-ciri umum daripada semua jenis gejala-gejala sosial.

f. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

Obyek serta Orientasi Kajian Sosiologi

Obyek Sosiologi terdiri atas dua macam, yakni objek material dan obyek formal. Obyek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.

Sedangkan Objek Formal lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

Orientasi sosiologi di masyarakat meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Keluarga adalah soko guru dari kelompok masyarakat
b. Kelangsungan hidup masyarakat memerlukan sejumlah ketentuan untuk mengatur tingkah laku manusia
c. Kehidupan manusia banyak dipengaruhi oleh lembaga-lembaga sosial yang ada di sekelilingnya, dan harus mampu menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga tersebut.
d. Individu, keluarga, dan masyarakat mempunyai kecenderungan untuk mengklasifikasikan dirinya secara sosial menurut keturunan, tingkat kemakmuran, pendidikan, jabatan, keanggotaan kelompok, dan status sosial lainnya
e. Adanya komunikasi dengan kebudayaan dan masyarakat lain akan menimbulkan perubahan-perubahan nilai budaya
f. Kerja sama dan saling menghormati merupakan tuntutan kemanusiaan
g. Realisasi kehidupan pribadi dibentuk melalui hubungannya dengan yang lain.
h. Perbuatan-perbuatan yang dapat diterima oleh suatu masyarakat dapat merupakan perbuatan yang tabu bagi masyarakat yang lain.
i. Migrasi atau perpindahan bangsa-bangsa menimbulkan percampuran budaya antarindividu dan antarkelompok.
j. Lingkungan sekitar baik fisik dan sosial akan mempengaruhi kehidupan manusia dan manusia pun akan mempengaruhi lingkungannya.

Demikianlah, penjelasan tentang Pengertian,Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan dalam mencari materi pembelajaran sosiologi. Jangan lupa kunjungi artikel mimin lainnya, karena masih banyak artikel menarik postingan mimin yang sobat belum cek dan pelajari, terima kasih. Good Luck.


Pengertian, Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi Pengertian, Ruang Lingkup, dan obyek Kajian Sosiologi Reviewed by Unknown on Februari 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.