close
Penjelasan Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap - Kelas Edukasi

Penjelasan Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap

Penjelasan Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap


Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah suatu disiplin ilmu yang mempelajari manusia, hubungan antar manusia, struktur, proses dan perubahan sosialSosiologi Dilihat dari sisi pendekatannya, menurut Drs. Kuswanto terdiri atas dua ciri khas, diantaranya yakni bersifat komparatif dan bersifat holistik. Penjelasan mengenai ciri khas tersebut adalah sebagai berikut :

a. Pendekatan Komparatif

Pendekatan komparatif, ialah suatu pendekatan yang melihat manusia dengan pandangan yang lebih luas, tak hanya masyarakat yang terisolasi atau hanya dalam tradisi sosial tertentu. Ciri-ciri pendekatan komparatif diantaranya ialah :

- berusaha mengenali persamaan-persamaan dan perbedaanperbedaan sampai kepada generalisasi ;
- berusaha memberikan uraian keterangan ilmiah yang dapat diterima ;
- membandingkan antarmasyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, termasuk tradisi satu dengan tradisi yang lain dalam seluruh ruang dan waktu;
- dan memberikan uraian tentang variasi bentuk-bentuk sosial dan mencatat asal-usul serta perkembangan manusia dengan adat-istiadatnya, mencakup dimensi waktu.

b. Pendekatan Holistik

Pendekatan holistik ialah yaitu suatu pendekatan yang didasarkan pada pendapat bahwa masyarakat itu dapat diselidiki sebagai keseluruhan, unit fungsional, atau sebagai sistem tertentu. Sosiologi mencoba mencakup keseluruhan ruang lingkup dari segala sesuatu yang berhubungan dengan kemanusiaan sampai kepada yang bersifat general.

Secara khusus pendekatan holistik dalam sosiologi mempunyai dua aspek primer, diantaranya yakni :
1) Mencoba meninjau kebudayaan manusia sebagai jaringan tunggal yang saling berkaitan, sebagai kesatuan yang teratur, dan sebagai keseluruhan yang berfungsi. Di dalamnya semua bagian saling berhubungan sebagai komponen suatu sistem. Suatu kejadian yang terjadi pada komponen yang satu akan berpengaruh pada struktur dan kerja secara keseluruhan.
2) Mempelajari ciri-ciri biologis dan ciri-ciri sosial budaya dari spesiesspesies. Evolusi fisik manusia dan evolusi budaya tidak dipandang tanpa berkait-kaitan untuk mendapatkan pemahaman yang tepat.

Fungsi dan Tujuan Mempelajari Sosiologi

Sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu yang akan menjadi pedoman dalam bermasyarakat sebagai bagian individu yang berada di dalamnya. Karenanya, memperlajari sosiologi tentu ada manfaat berkenaan dengan fungsi serta tujuannya. Setidaknya terdapat empat fungsi memperlajari sosiologi, diantaranya ialah sebagai berikut :

Setidaknya terdapat empat fungsi mempelajari sosiologi, diantaranya ialah sebagai berikut :
a. Dengan mempelajari sosiologi, kita akan dapat melihat dengan lebih jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota kelompok atau masyarakat.
b. Sosiologi membantu kita untuk mampu mengkaji tempat kita di masyarakat, serta dapat melihat budaya lain yang belum kita ketahui.
c. Dengan bantuan sosiologi, kita akan semakin memahami pula norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain, dan memahami perbedaan-perbedaan yang ada tanpa hal itu menjadi alasan untuk timbulnya konflik di antara anggota masyarakat yang berbeda.
d. Sebagai generasi penerus, mempelajari sosiologi membuat kita lebih tanggap, kritis, dan rasional menghadapi gejala-gejala sosial masyarakat yang makin kompleks dewasa ini, serta mampu mengambil sikap dan tindakan yang tepat dan akurat terhadap setiap situasi sosial yang kita hadapi sehari-hari.

Jika ditinjau dari sudut pandang peserta didik / siswa, maka dapat dirumuskan beberapa tujuan peserta didik dalam memperlajari sosiologi, diantaranya adalah :
a) Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, konflik, dan integrasi sosial
b) Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan masyarakat
c) Menumbuhkan sikap, kesadaran, dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikianlah, penjelasan tentang Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam mencari materi pembelajaran sosiologi. Jangan lupa kunjungi artikel mimin lainnya, karena masih banyak artikel menarik postingan mimin yang sobat belum cek dan pelajari, terima kasih. Semoga sukses.


Baca juga artikel terkait: 

















Penjelasan Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap Penjelasan Fungsi, Tujuan, dan Pendekatan Sosiologi Lengkap Reviewed by Unknown on Februari 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.