close
Penjelasan Dan Jenis Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Bentuknya - Kelas Edukasi

Penjelasan Dan Jenis Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Bentuknya

Penjelasan Dan Jenis Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Bentuknya - Lembaga sosial merupakan sebuah wadah kemasyarakatan yang di dalamnya terdapat sekumpulan individu yang memiliki kesamaan tujuan, visi, dan misi. Pada umumnya lembaga sosial memiliki aturan-aturan atau norma tertentu yang dibuat dengan tujuan adanya sebuah keteraturan. Lembaga sosial memiliki berbagai macam tipe berdasarkan bentuknya. Penjelasan serta penjabarannya ialah sebagai berikut :

1.    Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat
Berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat, lembaga sosial dibedakan atas basic institutions dan subsidiary institution. Basic institutions adalah pranata sosial yang sangat penting untuk memelihara serta memperhatikan tata tertib dalam masyarakat. Contohnya ialah keluarga, sekolah, dan negara. Sedangkan subsidiary institution ialah pranata yang dianggap kurang penting misalnya saja kegiatan-kegiatan untuk rekreasi.

2.    Berdasarkan Klasifikasi Pengembangan
Pranata sosial dibedakan atas crecive institutions dan enacted institutions. Kedua hal tersebut merupakan pranata primer karena tumbuh dari adat istiadat dalam masyarakat. Contohnya adalah hak milik dan perkawinan.

3.    Berdasarkan Sudut Pandang Penerimaan Masyarakat
Berdasarkan sudut pandang penerimaan masyarkat, pranata sosial dibedakan atas approved institutions dan unsanctioned institutions. Approved institutions adalah pranata sosial yang diterima masyarakat. Misalnya perusahaan, sekolah, dan industri. Sedangkan unsanctioned institutions adalah pranata sosial yang ditolak masyarakat, misalnya pemeras, penjajah, dan lintah darat.

4.    Berdasarkan Faktor Penyebaran
Pranata sosial dibedakan atas general institutions dan restricted institutions. Sebagai contoh yakni agama. Agama adalah suatu general institutions, sebab dikenal hampir semua masyarakat di dunia. Adapun agama Islam, Protestan, atau Katolik merupakan restricted institutions, sebab dianut oleh masyarakat tertentu.

5.    Berdasarkan Fungsi Pranata sosial
Berdasarkan fungsi pranata sosial, lembaga sosial dibedakan atas cooperation institutions dan regulative institutions. Cooperation institutions adalah pranata yang menghimpun pola serta tata cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan pranata. Misalnya saja pranata industrialisasi. Selanjutnya Regulative institutions, adalah pranata yang bertujuan mengawasi adat istiadat yang tidak termasuk bagian mutlak dari pranata itu sendiri. Contohnya ialah pranata hukum, seperti kejaksaan dan pengadilan. 

Dalam masyarakat yang homogen dan tradisional, pola yang mengatur hubungan pranata sosial bersifat statis. Perubahan sosial kebudayaan yang terjadi pada masyarakat yang sudah kompleks sering mengalami goncangan.
Kelembagaan sosial merupakan suatu ikatan sosial bersama di antara anggota masyarakat yang mengkoordinasikan tindakan sosial bersama antara anggota masyarakat. Jika ditinjau dari sifatnya, masyarakat terdiri atas dua macam yakni masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Ciri-ciri masyarakat tradisional dan masyarakat modern dapat kita kenali dari bentuk-bentuk kelembagaan sosial yang dimiliki oleh kedua golongan masyarakat tersebut.

Di dalam istilah kelembagaan sosial, terkandung pengertian pola perilaku sosial anggota masyarakat yang relatif tetap, stabil, serta berlangsung secara terus-menerus. Kelembagaan sosial itu diikat oleh suatu nilai dan norma bersama. Kestabilan perilaku di antara anggota masyarakat tersebut diikat oleh suatu wadah ikatan sosial bersama yang keberadaannya dijunjung tinggi bersama oleh anggota masyarakat. Wujud dari kelembagaan sosial itu dapat kita lihat dalam keberadaan berbagai macam lembaga sosial dan organisasi-organisasi formal di dalam masyarakat. 

Perbedaan kelembagaan sosial antara masyarakat tradisional dan masyarakat modern perwujudannya dapat dilihat dalam perbedaan antara lembaga (institution) dan organisasi (organization). Kedua bentuk kelembagaan sosial tersebut pada dasarnya memiliki sifat-sifat yang berbeda satu sama lain. Institusi atau lembaga sosial adalah perwujudan dari kelembagaan sosial masyarakat tradisional, sedangkan organisasi adalah perwujudan dari kelembagaan sosial masyarakat modern. Perbedaan perilaku, orientasi, dan pola hubungan antara kedua kelembagaan sosial tersebut mencerminkan perbedaan antara tipe kelembagaan sosial masyarakat tradisional dan modern.
Penjelasan Dan Jenis Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Bentuknya Penjelasan Dan Jenis Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Bentuknya Reviewed by Unknown on Maret 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.