close
Contoh Pidato Singkat serta Jelas Tentang Pendidikan, Lingkungan dan Lainnya - Kelas Edukasi

Contoh Pidato Singkat serta Jelas Tentang Pendidikan, Lingkungan dan Lainnya

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan orang banyak, tempat umum atau dalam suatu ruangan untuk memberikan suatu orasi atau pernyataan beberapa pendapat.
Umumnya pidato tersebut dicakan oleh seseorang, yang berisi suatu hal yang cukup penting atau berguna untuk banyak orang. Dan biasanya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, materi pidato banyak ditemukan dalam pelajaran kelas. Namun, sering sekali isi pidato yang terlalu panjang, dan cara penyampaiannya yang lama, malah membuat banyak hadirin yang menyaksikannya menjadi jenuh dan bosan.

Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baik jika anda akan menyampaikan sebuah pidato, pilihlah atau buat isi pidato yang singkat, jelas, menarik. Namun disini kami tidak menyalahkan jika anda ingin membuat isi pidato yang cukup panjang, guna menjabarkan suatu hal yang dirasa penting dan butuh penjelasan.

Banyak sekali jenis tema pidato yang biasa dibawakan, sesuai dengan tempat, keadaan dan situasi.

Beberapa contoh pidato tersebut adalah Pidato Pendidikan, Pidato Kebersihan, Pidato Lingkungan, Pidato Kesehatan dan masih banyak lagi yang bisa kalian temukan dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh Pidato Singkat yang bisa menjadi rujukan anda untuk membuat pidato yang sama atau sebagai bahan tugas di sekolah.


Contoh Pidato Tentang Pendidikan
Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan.


(Pembukaan Pidato)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin semua yang sangat saya hormati.

Dalam suasana dan kesempatan yang sangat berbahagia ini, mari kita bersama-sama bersyukur kepada Allaah Subhanahu wa ta'ala, yang dimana atas berkah hidayah Islam, kenikmatan sehat dan kenikmatan rezeki yang masih kita rasakan hingga saat ini. Yang mampu membuat kita semua bisa berkumpul dalam acara ini.

Dan shalawat berserta salam tak lupa kita berikan kepada Nabi besar kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang dimana pertolongannya, sangat kita harapkan di hari kiamat kelak.
Kali ini saya akan membawakan pidato tentang penting pendidikan bagi setiap orang.

(Isi Pidato)


Hadirin yang saya hormati.
Pendidikan memang sangat penting bagi setiap manusia, karena dengan pendidikan tersebut, karakter setiap orang bisa dibentuk.

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menuntut ilmu. Banyak sekali hal yang berpengaruh bagi orang yang berpendidikan, terlihat dari akhlaknya yang lebih baik, wawasannya yang cukup luas dan masih banyak lagi.

Namun yang perlu anda ingat, semua yang anda miliki adalah semata titipan dari Allaah. Maka itu kita tidak boleh sombong dengan kemampuan yang dimiliki. Apalagi sampai memandang remeh orang lain.
Hadirin yang saya hormati.

Keutamaan orang yang menuntut ilmu, salah satunya adalah dipermudahnya dan dibimbing dalam menuju kebaikan.

Betapa sangat pentingnya menuntut ilmu, dengan diiringi niat yang ikhlas dan tujuan yang mulia. Pasti akan diberikan pengetahuan yang luar biasa.

Namun jangan lupa peranan dari seorang pengajar, yang pasti mereka telah memiliki pengelaman yang jauh lebih banyak dari kita yang masih menjadi penuntut ilmu.

Jadi, bagi anda sebagai seorang penuntut ilmu yang kelak akan menjadi orang yang besar, jangan pernah melupakan jasa para guru kalian.

(Penutupan)


Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, walaupun hanya sedikit, mudah-mudahan ada manfaatnya. Jika ada kesalahan ucapan, kepada ALLAAH saya mohon ampun, kepada hadirin saya mohon maaf.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan

(Pembukaan Pidato)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin semua yang sangat saya hormati.
Marilah kita bersama-sama bersyukur kepada Allaah Subhanahu wa ta'ala, yang dimana atas berkah hidayah Islam, segala kenikmatan sehat dan kenikmatan rezeki yang masih kita rasakan hingga saat ini. Yang mampu membuat kita semua bisa berkumpul dalam acara ini.

Dan juga shalawat berserta salam, tak lupa kita berikan kepada Nabi besar kita, Nabi Muhhamad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang dimana pertolongannya, sangat kita harapkan di hari kiamat kelak.

(Isi Pidato)


Hadirin yang saya hormati.
Berbicara mengenai lingkungan, pasti kebanyakan orang menghubungkannya dengan kebersihan. Karena dengan lingkungan yang bersih, pasti membuat semua makhluk hidup yang tinggal dalam lingkungan tersebut terjaga juga kesehatannya.

Lingkungan perpaduan antara komponen biotik dan abiotik.Komponen abiotik merupakan semua yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, dan lainnya. Dan komponen biotik merupakan semua yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kita sebagai manusia yang diberikan akal oleh Sang Pencipta, tentunya yang memegang peranan penting dalam membentuk suatu lingkungan yang aman, sehat dan nyaman. Karena bumi ini dititipkan oleh kita manusia, karena setiap manusia adalah pemimpin, terutama untuk dirinya sendiri.
Hadirin yang saya hormati.

Maka dari itu semua, mari kita mulai dari diri sendiri untuk sadar akan menjaga lingkungan yang aman, sehat dan nyaman.

Dengan menjadi pribadi khususnya, yang memiliki akhlak yang baik, yang perhatian terhadap kebersihan dan mampu membuat diri sendiri dan orang lain nyaman dengan keadaan kita di suatu lingkungan.

(Penutupan)


Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, walaupun hanya sedikit, mudah-mudahan ada manfaatnya. Jika ada kesalahan ucapan, kepada ALLAAH saya mohon ampun, kepada hadirin saya mohon maaf.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato Singkat tentang Perpisahan Sekolah

(Pembukaan Pidato)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk pertama-tama, marilah kita bersyukur atas nimat yang telah Allaah, Sang Pencipta yang telah memberikan kita nikmat Islam, Iman, dan kesehatan yang dimana kita bisa berkumpul dalam acara perpisahan di sekolah yang kita banggakan ini.

Juga shalawat berserta salam, mari kita sanjungkan kepada Nabi besar kita, Nabi Muhhamad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Saya disini mewakili semua murid, untuk mengucapkan banyak terima kasih bagi semua hadirin yang sudah menyempatkan datang dalam acara yang sangat spesial ini.

(Isi Pidato)


Hadirin yang terhormat.
Waktu berlalu begitu cepat, hingga pada hari ini kita semua khususnya kami murid yang akan sebentar lagi lulus akan berpisah dengan sekolah, guru-guru dan adik tingkat yang kami banggakan. Setelah ini kami akan melangkah menuju ke jenjang yang lebih tinggi lagi. dengan mengharap doa dari semuanya, agar kami bisa menjadi lebih baik lagi di tempat yang berbeda.

Hadirin yang terhormat.
Tidak lupa kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada semua guru yang sangat sabar dan telaten dalam proses membimbing kami hingga hari ini. Dan tentu banyak sekali kesalahan, kenakalan yang sudah banyak kami perbuat, kami mohon maaf atas semua itu. Kami berharap do'a kalian para guru, untuk kami agar tidak putus. Agar kami kelak bisa mejadi orang yang berguna.

(Penutupan)


Perpisahan ini, kami harap bukan akhir dari segalanya. Masih banyak waktu untuk kita menjadi hubungan persaudaraan di luar sana.

Dan kami sebagai alumni, kelak akan selalu berusaha menjaga hubungan baik ini.Dimana ada pertemuan, pasti ada perpisahan.

Semoga apa yang sudah kita lakukan semua ini bisa menghasilkan suatu hal yang bermanfaat di hari kemudian.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Itulah beberapa Contoh Pidato Singkat sesuai dengan tema dan tempatnya. Semoga bisa menjadi panduan anda untuk membuat pidato yang lebih baik dan menarik lagi ya.
Jika kamu butuh contoh pidato yang lain, kalian juga bisa membaca :
Contoh Pidato Agama Islam Tentang Shalat Lengkap Beserta Dalil (Mudah di Pahami)
Contoh Teks Pembawa Acara MC Formal, Singkat, Mudah dihafal
Contoh Pidato Singkat serta Jelas Tentang Pendidikan, Lingkungan dan Lainnya Contoh Pidato Singkat serta Jelas Tentang Pendidikan, Lingkungan dan Lainnya Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.