close
Penjelasan Lengkap Tenses dan Pembagiannya - Kelas Edukasi

Penjelasan Lengkap Tenses dan Pembagiannya

Well, kita sekarang sudah berada di materi yang menurut saya paling penting, yaitu tenses. Kenapa penting? Karena tenses merupakan bagian yang menjelaskan perihal kapan sebuah kejadian, peristiwa, atau apa saja yang sedang kita bicarakan. Tidak sedikit orang yang klepek-klepek ketika berurusan dengan tenses. Rumusnya banyak, perubahan kata kerja berjubel, dan lain-lain.

Saya ingin mengajak Anda untuk belajar tenses dengan cara yang sangat sederhana, meski hal itu tidak berarti bahwa kita tidak akan menyinggung perihal rumus. Rumus dalam tenses berkaitan dengan susunan dan urutan kata dalam sebuah kalimat. Tetapi, Anda tidak perlu terlalu risau dengan hal itu. We’ll find it easy!

Konsep utama dalam tenses adalah tentang waktu, lebih tepatnya keterangan waktu untuk kegiatan atau aktivitas yang sedang kita bicarakan/bahas. Secara garis besar, keterangan waktu tersebut hanya berjumlah tiga, yakni lampau (past), sekarang (present), dan akan datang (future). Perhatikan kolom berikut:

Line of Tenses

Penjelasan Lengkap Tenses
Foto: Penjelasan Lengkap Tenses
 

Oke, jadi tenses ada berapa? Tiga! Past, present, dan future. Masing-masing dari ketiga jenis tenses tersebut memiliki empat tingkatan, yakni, simple, continuous, perfect, dan perfect continuous. Berikut adalah gambaran jenis dan tingkatan tenses selengkapnya:

Baca juga: Soal UN Bahasa Inggris SMP Lengkap dengan Pembahasan dan Kunci Jawabannya

Jenis dan Tingkat Tenses
Jenis
Past
Present
Future
Tingkatan
Simple
Simple
Simple
Continuous
Continuous
Continuous
Perfect
Perfect
Perfect
Perfect Continuous
Perfect Continuous
Perfect Continuous

Keempat tingkatan tenses tersebut dibagi dalam dua bagian, yakni simple dan perfect.
Tingkatan
Keterangan
Tenses
Makna
Simple
Sederhana
-          Struktur kalimat: hanya S.V.O
-          Bentuk kalimat: kalimat tunggal

-          Keterangan waktu: umum
Simple
Masih
Simple continuous
Masih
sedang
Perfect
Majemuk
-          Struktur kalimat: menggunakan kata bantu have/has/had
-          Bentuk kalimat: kalimat majemuk

-          Keterangan waktu: spesifik
Perfect
Sudah
Perfect continuous
Sudah
sedang

Kalimat dalam tingkatan simple biasanya digunakan dalam bentuk kalimat sederhana. Penggunaan keterangan waktunya juga sederhana, bukan keterangan waktu spesifik, seperti kemarin, tadi siang, besok, dan seterusnya. Keterangan waktu itu disebut sebagai keterangan waktu sederhana karena tidak memberikan keterangan spesifik atau rinci. Semisal, jika saya bilang ke Anda, “Saya akan ke rumah Anda besok.” Anda (obyek yang diajak bicara) tidak memiliki informasi yang jelas tentang besoknya kapan, apakah besok siang, besok sore, besoknya lagi, atau besok setelah saya pulang sekolah?
Sementara kalimat dalam tingkatan perfect, memberi penekanan pada penggunaan kata keterangan waktu yang lebih rinci. Biasanya hal ini ditunjukkan melalui dua hal sebagai berikut:

A.      Jenis Keterangan Waktu
Kalimat perfect menggunakan keterangan waktu yang menunjukan makna durasi, seperti since (sejak), before (sebelum), for (selama), dst.
Example:
 I have know you since 1998. (Saya sudah mengenalmu sejak 1998)

B.       Jenis Kalimat
Kalimat dalam tingkatan perfect kebanyakan berupa kalimat majemuk, yakni kalimat yang memiliki lebih dari satu subjek dan verb. Kalimat dalam jenis ini berfungsi menunjukkan sebuah aktivitas atau kejadian yang terjadi terlebih dahulu sebelum aktivitas atau kejadian yang lainnya terjadi.
Example:
Sita has finished her laundry /before/ Rina wakes up.
  S               V                                           S      V
(Sita sudah selesai mencuci baju sebelum Rina bangun tidur)

Nah, sekarang mari kita preteli yuk masing-masing tenses tersebut lengkap dengan aturan tata bahasa (struktur kalimat), fungsi (kapan menggunakannya), beserta contoh-contoh penggunannya dalam kalimat. Dimulai dari present tenses terlebih dahulu.
Penjelasan Lengkap Tenses dan Pembagiannya Penjelasan Lengkap Tenses dan Pembagiannya  Reviewed by Ahmad Sobri on September 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.