close
3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya - Kelas Edukasi

3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya

Paragraf merupakan bagian dari suatu karangan. Paragraf mengandung beberapa unsur. Unsur-unsur dalam paragraf berupa masalah, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, fakta, ataupu pendapat. Masalah merupakan sesuatu yang harus diselesaikan atau dicari jalan keluarnya.
          
Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Ide pokok dalam suatu paragraf didukung oleh beberapa kalimat penjelas.


Paragraf memiliki ide pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf memiliki ide pokok di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf memiliki ide pokok di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf memiliki ide pokok di seluruh paragraf narasi.


Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Kalimat penjelas merupakan kalimat mendukung atau memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas harus menjabarkan atau memperjelas kalimat utama.

Ide pokok dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi. Pada umumnya, ide pokok disampaikan dalam kalimat utama. Jadi, untuk menentukan ide pokok anda harus menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu.

Soal UN Tentang Kalimat Utama
 Soal UN Tentang Kalimat Utama

1.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Gondongan (parotitis) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh paramyxovirus. Virus tersebut menyerang kelenjar ludah. Penularan penyakit gondongan bisa terjadi lewat air liur dan kontak langsung. Gejala yang ditimbulkan berupa pembengkakan di leher atas atau pipi bawah. Gejala penyakit disertai tubuh demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah. Gejala lain adalah sulit membuka mulut.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.    penyakit gondongan
B.    penularan penyakit
C.    virus paramyxovirus
D.    akibat penyakit gondongan
E.    penyakit pada mulut
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: A
Pada umumnya, ide pokok disampaikan dalam kalimat utama. Untuk menentukan ide pokok, temukan terlebih dahulu kalimat utamanya. Ide pokok menjadi dasar penulisan dalam sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama.


2.  Pahami paragraf berikut!
1) Pekan Budaya Dayak 2013 dibuka oleh wakil presiden Boediono berlangsung 27-30 April 2013 di Istora Senayan, Jakarta. 2) Acara tersebut dimeriahkan  pentas seni dan tari serta karnaval seni budaya Dayak. 3) Dalam sambutannya, Boediono mengajak warga kalimantan untuk memanfaatkan kekayaan alam di pulau mereka dengan sebaik-baiknya. 4) Kekayaan alam itu harus dimanfaatkan untuk membangun  kualitas sumber daya manusia dan kapasitas infrastrukturnya. 5) Penentu utama kemajuan suatu bangsa adalah kualitas sumber daya manusia dengan segala kreasinya, bukan sumber daya alam yang kelak habis.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A.    1)
B.    2)
C.    3)
D.    4)
E.    5)
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: E
Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Kalimat utama memuat ide pokok. Kalimat utama pargraf tersebut terdapat di akhir paragraf. Perhatikan kalimat 5).

3.  Bacalah pargraf berikut dengan saksama!
1) Syarat bergabung dalam anggota komunitas facility to raise emphaty (Free) tidak begitu sulit. 2) Antara lain, pemuda indonesia berusia diawah 25 tahun. 3) Selain itu, memiliki minat maupun ketertarikan terhadap kegiatan bisnis dan sosial serta dapat bekerja sama dalam tim. 4) Anggota komunitas ini harus mampu menjadi relawan, penyelenggara, pelaksana, maupun pembantu terlaksananya agenda Free. 5) Program utamakomunitas FRee adalah Start Sharing dan Start Helping.
Kalimat penjelasan yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    1)
B.    2)
C.    3)
D.    4)
E.    5)
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: D
Paragraf terdiri atas kalimat-kalimat saling berkaitan dan padu. Dalam paragraf tersebut terdapat satu kalimat yang membuat paragraf rancu atau tudak padu. Perhatikan kalimat nomor 4). Kalimat tersebut mengharuskan anggota FRee menjadi relawan, penyelenggara, pelaksana, maupun pembantu terlaksananya agenda FRee. Kalimat tersebut bertentangan dengan maksud kalimat 1). Jadi, kalimat penjelas tidak padu dengan kalimat lain adalah nomor 4).

Demikian, pembahasan tentang 3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya, semoga bermanfaat dan tidak lupa mimin mengingatkan untuk mengunjungi artikel lainnya yang berkaitan dengan postingan di atas, terima kasih. Ditunggu di artikel berikutnya!


Artikel terkait:






3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya 3 Soal UN Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Utama dan Penjelasannya Reviewed by Ahmad Sobri on Oktober 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.