close
Penjelasan Lengkap Mobilitas Sosial Beserta Contoh Soal UN dan Jawabannya - Kelas Edukasi

Penjelasan Lengkap Mobilitas Sosial Beserta Contoh Soal UN dan Jawabannya

Penjelasan Tentang Mobilitas Sosial
Penjelasan Tentang Mobilitas Sosial 


 Daftar Isi:

  1. Pengertian Mobilitas Sosial
  2. Mengidentifikasi Sifat Mobilitas Sosial
  3. Mengidentifikasi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial
  4. Mengidentifikasi Faktor Pendorong Mobilitas Sosial
  5. Mengidentifikasi Faktor Penghambat Mobilitas Sosial
  6. Latihan Soal UN


1. Pengertian Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah pergeseran, peningkatan, penurunan status dan peran anggotanya ataupun perubahan. perubahan kelas sosial baik dialami oleh individu ataupun kelompok dan perubahan itu berimbas pada individu atau kelompok tersebut. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Berikut ini penjelasan secara rinci tentang mobilitas atau gerak sosial:


2. Mengidentifikasi Sifat Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial merupakan gerakan perpindahan seseorang atau sekelompok orang dari status sosial satu menuju status sosial lain. Dalam mobilitas sosial terdapat tiga hal pokok, yaitu terjadi perubahan kelas sosial, dialami oleh individu atau kelompok, dan memiliki dampak sosial.

Mobilitas sosial memiliki beberapa sifat berikut.

a.  Mobilitas sosial akan bersifat tinggi apabila masyarakat menganut sistem stratifikasi sosial terbuka.

b.  Mobilitas sosial akan terhambat apabila masyarakat menganut sistem stratifikasi sosial tertutup.

c.  Semakin tinggi mobilitas sosial dapat meminimalisasi diskriminasi terhadap ras, etnik, jabatan, dan perbedaan gender.

d.  Mobilitas sosial bersifat rendah karena masyarakat berpedoman pada nilai-nilai kultural daerah.


3. Mengidentifikasi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial

a.  Berdasarkan Tipe

1)  Vertikal, merupakan perpindahan status individu dari satu kedudukan sosial menuju kedudukan lain yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut.
a)  Mobilitas sosial vertikal naik (social climbing), yaitu perpindahan status individu dari kedudukan rendah menuju kedudukan lebih tinggi.
b)  Mobilitas sosial vertikal turun (social sinking), yaitu perpindahan status individu dari kedudukan tinggi menuju kedudukan lebih rendah.

2)  Horizontal, merupakan perpindahan status individu dari kelompok sosial satu menuju kelompok sosial lain yang masih sederajat.

3)  Lateral, merupakan status individu atau kelompok dari daerah satu ke daerah lain namun tidak mengubah status seseorang secara langsung. Mobilitas lateral dibedakan menjadi dua, yaitu mobilitas permanen dan tidak permanen. Mobilitas permanen adalah perpindahan kewilayahan yang bersifat menetap. Adapun mobilitas tidak permanen adalah perpindahan kewilayahan individu yang bersifat tidak tetap atau dalam jangka pendek.

b.  Berdasarkan Ruang Lingkup

Mobilitas sosial berdasarkan ruang lingkup dibedakan menjadi dua jenis sebagai berikut.

1)  Mobilitas intragenerasi, merupakan perpindahan status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

2)  Mobilitas antargenerasi, merupakan perpindahan status sosial yang terjadi di antara beberapa generasi. Mobilitas antargenerasi terdiri atas dua bentuk yaitu mobilitas antargenerasi naik dan mobilitas antargenerasi turun.

4. Mengidentifikasi Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

a.  Faktor Struktural

Ketika status sosial yang dituju oleh individu  memang ada atau terdapat tempat untuk diisi, kondisi tersebut dapat mendorong terciptanya mobilitas, misalnya lowongan pekerjaan.

b.  Faktor Individu

Kondisi ini berkaitan dengan tingkat kualitas seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan, kecakapan, serta keterampilan seseorang, semakin besar kemungkinannya dapat menjangkau posisi tertentu.

c.  Faktor Ekonomi

Realitas hidup yang serba kekurangan dapat mendorong seseorang giat bekerja, misalnya dengan merantau ke berbagai daerah mendorong terjadinya mobilitas sosial.

d.  Faktor Perubahan Kondisi Sosial

Perubahan kondisi sosial dalam masyarakat dapat memunculkan semangat untuk melakukan mobilitas sosial. Sebagai contoh program transmigrasi dari pemerintah.

e.  Faktor Situasi Politik

Keadaan negara yang tidak menentu akan memengaruhi situasi keamanan yang bisa menyebabkan terjadinya mobilitas manusia ke daerah yang lebih aman.

f.  Faktor Pendidikan

Akses pendidikan yang diperoleh individu mempermudah ia melakukan pergerakan/mobilitas naik.

5. Mengidentifikasi Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

a.  Kemiskinan

Kemiskinan membatasi mobilitas sosial untuk mencapai prestise atau kedudukan tertentu karena terbatasnya pendapatan ekonomi pada orang-orang miskin.

b.  Sistem Pelapisan Sosial

Sistem pelapisan sosial tertutup akan menghambat kemungkinan seseorang melakukan mobilitas sosial naik.

c.  Kebudayaan Masyarakat

Masih terdapat kebudayaan masyarakat yang bersikap tertutup terhadap pengaruh luar yang sebenarnya baik untuk kemajuan.

d.  Perbedaan Kepentingan

Perbedaan kepentingan antarindividu dalam suatu struktur organisasi menyebabkan setiap individu saling bersaing. Akibatnya timbul sikap saling menghambat satu sama lain dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: 

6. Latihan Soal UN

1.  Beberapa gejala sosial:
1)  Tingkat ekonomi masyarakat belum maju.
2)  Adat dan tradisi masyarakat sangat kuat.
3)  Struktur sosial masyarakat masih feodal.
4)  Populasi penduduk masih beragam.
5)  Kebiasaan hidup merantau masih berlangsung.
Faktor penghambat proses mobilitas sosial vertikal ditunjukkan oleh nomor.....
A.  1), 2), dan 3)
B.  1), 2), dan 4)
C.  1), 3), dan 5)
D.  2), 4), dan 5)
E.  3), 4), dan 5)
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: A
Faktor penghambat mobilitas sosial merupakan faktor yang menghambat seseorang atau sekelompok orang melakukan perpindahan kedudukan, terutama kedudukan yang lebih tinggi. Gejala sosial nomor 4) dan 5) bukan merupakan faktor penghambat mobilitas sosial. Kebiasaan hidup merantau dapat menjadi upaya seseorang menaikkan penghidupan sehingga berdampak pada upaya mobilitas sosial ke atas. Dengan demikian, otomatis nomor 1), 2) dan 3) merupakan faktor penghambat proses mobilitas sosial.

Semoga bermanfaat. jangan lupa kunjungi artikel lainnya yang pasti bagus untuk dijadikan sumber rujukan. Terima kasih atas kunjungannya.


Baca juga artikel terkait: 




Penjelasan Lengkap Mobilitas Sosial Beserta Contoh Soal UN dan Jawabannya Penjelasan Lengkap Mobilitas Sosial Beserta Contoh Soal UN dan Jawabannya Reviewed by Ahmad Sobri on Oktober 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.