close
Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan 5 Contoh Soal UN Beserta Jawabannya - Kelas Edukasi

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan 5 Contoh Soal UN Beserta Jawabannya

Suatu perubahan dapat dikatakan sebagai perubahan sosial ketika mampu mempengaruhi kehidupan manusia secara luas.  Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin, perubahan social adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya penemuan baru dalam masyarakat. Adapun Samuel Koenig mendefinisikan perubahan sosial sebagai modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.


  Perubahan Sosial dan Soal UN
Perubahan Sosial dan Soal UN 


A. Mengidentifikasi Perubahan Sosial


1. Berdasarkan Kecepatan Berlangsungnya

a.  Perubahan lambat (evolusi), yaitu perubahan yang terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak. Perubahan evolusi berlangsung lambat dalam masyarakat.
b.  Perubahan cepat (revolusi), yaitu perubahan yang berlangsung cepat mengenai dasar pokok kehidupan masyarakat. Faktor pendorong perubahan revolusi antara lain adanya keinginan kuat dari masyarakat untuk melakukan perubahan, adanya pemimpin yang baik, adanya tujuan, dan didukung waktu yang tepat.


2. Berdasarkan Ukuran Perubahannya

a.  Perubahan kecil, yaitu perubahan yang hanya memengaruhi beberapa golongan atau kelompok sosial masyarakat. Perubahan kecil tidak menimbulkan pengaruh yang berarti dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat.
b.  Perubahana besar, yaitu perubahan yang dapat memengaruhi aspek-aspek kehidupan masyarakat secara luas. Selain itu, perubahan besar dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, misalnya peperangan dan krisis moneter.

3. Berdasarkan Prosesnya

a.  Perubahan yang direncanakan (planned change), yaitu perubahan yang telah dikehendaki melalui program-program tertentu. Perubahan ini dilakukan oleh pihak-pihak yang hendak mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Pelaku perubahan ini dinamakan agent of change
b.  Perubahan yang tidak direncanakan (unplanned change), yaitu perubahan yang terjadi tanpa perencanaan serta berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Perubahan jenis ini tidak selalu menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat.

4. Berdasarkan Sifat Perubahannya

a.  Perubahan struktural (perubahan mendasar), yaitu perubahan dalam aspek kehidupan mendasar manusia sehingga timbul reorganisasi.
b.  Perubahan proses (tidak mendasar), yaitu perubahan yang hanya terjadi pada aspek pelaksanaan sistem. Perubahan ini bersifat tidak mendasar dan bertujuan untuk memperbaiki sistem sebelumnya.


5. Berdasarkan caranya

a.  Perubahan dengan cara kekerasan, yaitu perubahan yang terjadi karena adanya kelompok berkuasa menindas kelompok-kelompok kecil dengan jalan kekerasan, mereka dipaksa menuruti perintah/kemauan kelompok yang berkuasa.
b.  Perubahan tanpa kekerasan, yaitu perubahan yang dipengaruhi oleh rasa empati dan peduli sosial. Dilakukan dengan cara melakukan hubungan sosial antarpihak yang ingin melakukan perubahan dengan masyarakat yang hendak diubah.

6. Berdasarkan Perkembangannya

a.  Perubahan progress, yaitu perubahan yang membawa kemajuan bagi masyarakat.
b.  Perubahan regress, yaitu perubahan yang memberi kemunduran akibat berupa kemunduran bagi masyarakat.


B. Latihan Soal UN


1.  Samuel Koenig berpendapat bahwa perubahan sosial merupakan modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia baik karena faktor intern maupun ekstern. Makna yang terkandung dari pendapat tersebut bahwa perubahan sosial.....
A. berlangsung pada masyarakat yang mengalami konflik
B. hanya dapat terjadi pada kelompok sosial masyarakat tertentu
C. memengaruhi kelompok masyarakatdi luar wilayahnya
D. merupakan pembaruan dari yang sudah ada karena berbagai faktor penyebab
E. terjadi karena ada gesekan faktor eksternal dan internal secara bersamaan
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: D
Samuel Koenig merupakan salah satu tokoh sosiologi yang memberikan perhatian terhadap perubahan sosial dalam masyarakat. Menurut Samuel Koenig, perubahan sosial merupakan modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia baik karena faktor intern maupun ekstern. Dari pengertian ini diketahui bahwa perubahan sosial merupakan proses pembaruan dari yang sudah ada disebabkan oleh beragam faktor, baik dari dalam masyarakat (intern) maupun luar masyarakat (ekstern).


2. Perubahan sosial menurut J.P.Gillin dan J.L.Gillin merupakan suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena perubahan kondisi geografi, kebudayaan materiel, komposisi penduduk, ideologi maupun difusi budaya. Makna perubahan sosial sesuai deskripsi tersebut merujuk pada....
A. tujuan perubahan
B. arah perubahan
C. sebab perubahan
D. dinamika perubahan
E. faktor perubahan
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: C
Perubahan sosial sesuai deskripsi di atas menunjuk pada sebab perunahan. Menurut J.P. Gillin dan J.L. Gillin, terjadinya perubahan sosial disebabkan oleh proses dinamika (gerak kehidupan) masyarakat. Bentuk dinamika tersebut berupa berubahan kondisi geografi, kebudayaan materiel, komposisi penduduk, ideologi, maupun difusi budaya. Sementara itu, tujuan perubahan antara lain memperbaiki segala aspek kehidupan masyarakatdan memperbaiki kemampuan organisasi dalam masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah. Arah perubahan merujuk pada situasi yang berubah secara bertahap, cepat atau lambat, melalui perdamaian atau kekerasan, secara kontinu atau sekali-sekali dan secara teratur atau dalam keadaan kacau. Adapun dinamika perubahan merujuk pada cepat atau lambatnya proses perubahan, hambatan dan tantangan yang terjadi dalam proses perubahan, serta faktor-faktor lain yang mengiringi berlangsungnya perubahan. Faktor perubahan mencakup faktor penghambat, pendorong, dan penyebab perubahan.

3. Keberadaan Banjir Kanal Timur (BKT) membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan pendapatan masyarakat disekitarnya malalui jasa dan perdagangan. Ditinjau dari bentuknya maka perubahan sosial tersebut termasuk....
A. besar
B. cepat
C. progress
D. evolusi
E. dikehendaki  
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: C
Perubahan progress merupakan perubahan yang membawa kemajuan bagi masyarakat Banjir Kanal Timur (BKT) merupakan sebuah proyek penanggulangan banjir yang dicanangkan di wilayah Jakarta sejak tahun 1004. Melalui BKT, pemerintah membangun saluran air untuk membuang aliran luapan banjir ke laut. Melalui program ini, usaha jasa dan perdagangan masyarakat diharapkan berkembang karena aktivitas masyarakat tidak lagi terhambat banjir.

4. Untuk mengurai kemacetan di Jakarta, pemuda DKI dan pemerintah pusat membangun subway dan memperbanyak moda transportasi massal, seperti memperbanyak bus Transjakarta dan perjalanan KRL Jabodetabek. Bentuk perubahan sosial tersebut adalah....
A. evolusi
B. revolusi
C. besar
D. kecil
E. direncanakan
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: E
Bentuk perubahan sosial yang dimaksud dalam soal adalah perubahan yang direncanakan (planned change). Perubahan yang direncanakan merupakan perubahan yang dirancang melalui program-program tertentu dan dilakukan oleh pihak-pihak yang hendak mengubah kehidupan menjadi lebih  baik. Pelaku perubahan ini dinamakan agent of change. Dalam hal ini, pemda DKI merupakan pelaku perubahan (agent of change). Jawaban A dan B tidak tepat karena perubahan tersebut direncanakan meskipun berjalan secara bertahap. Jawaban C tidak tepat karena perubahan hanya terjadi di Jakarta. Jawaban D kurang tepat kerena perubahan tersebut mimiliki pengaruh pada kehidupan masyarakat Jakarta.

5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Pendidikan yang menggunakan sistem bertaraf internasional.
2) Rusaknya bangunan gedung-gedung perkantoran sebelum waktunya.
3) Peningkatan kemiskinan di kota besar karena naiknya harga bahan pokok.
4) Punahnya habitat ikan air tawar kerena pembuangan limbah pabrik ke sungai.
5) Kebakaran hutan akibat kecerobohan membuang puntung rokok sembarangan.
Kategori perubahan sosial tidak direncanakan ditunjukkan oleh nomor....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: E
Perubahan tidak direncanakan terjadi kerena faktor-faktor yang berada di luar jangkauan manusia. Pilihan nomor 1) merupakan perubahan yang direncanakan dalam bidang pendidikan. Pilihan nomor 2) tidak termasuk perubahan sosial karena dampak yang ditimbulkan hanya dirasakan oleh sebagian kecil masyarakat. Dengan demikian, perubahan sosial tidak direncanakan terdapat pada pilihan nomor 3), 4), dan 5).


Baca juga artikel terkait: 








Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan 5 Contoh Soal UN Beserta Jawabannya Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan 5 Contoh Soal UN Beserta Jawabannya Reviewed by Ahmad Sobri on Oktober 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.