close
2 Contoh Soal Akuntansi UN SMA Lengkap dengan Jawaban dan Penjelasannya - Kelas Edukasi

2 Contoh Soal Akuntansi UN SMA Lengkap dengan Jawaban dan Penjelasannya

Akuntansi
Akuntansi

Masa-masa Ujian Nasional 2019 sebentar lagi akan datang, biasanya para siswa sibuk mencari contoh soal-soal lama seperti soal UN Ekonomi SMA 2017-2018 dan kunci jawaban beserta pembahasannya, soal UN Ekonomi 2018 dan pembahasannya pdf, dan lain-lain sebagai referensi atau rujukan materi, atau sebagai media latihan. Di bawah ini pembahasan tentang akuntansi dan contoh soal beserta jawaban dan penjelasannya yang dapat kamu jadikan media pembelajaran dan latihan agar ketika menghadapi UN kamu sudah terbiasa dengan jenis-jenis soal pelajaran ekonomi. Selamat membaca!


1.    Akuntansi sebagai Sistem Informasi

Akuntansi merupakan kegiatan mencatat, mengidentifikasi, meringkas, menganalisis, mengolah, dan menyajikan informasi keuangan pada periode tertentu untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi akuntansi dibutuhkan pihak internal dan pihak eksternal untuk membuat keputusan. Pemakai internal informasi akuntansi adalah pihak pengelola atau manajemen perusahaan. Bagi pihak internal, informasi akuntansi berguna untuk merencanakan kegiatan usaha, mengendalikan dan mengawasi kegiatan usaha, mengevaluasi jalannya kegiatan usaha, dan mengambil keputusan terkait masa depan perusahaan. Sementara itu, manfaat informasi bagi pihak eksternal sebagai berikut.

  • Bagi pemilik perusahaan/pemegang saham, informasi akuntansi menggambarkan posisi keuangan perusahaan atau prospek perusahaan pada masa depan.
  • Bagi pemerintah, informasi akuntansi digunakan untuk menetapkan pajak dan menetapkan kebijakan dalam bidang ketenagakerjaan.
  • Bagi kreditor, informasi akuntansi dibutuhkan sebagai dasar pemberian pinjaman atau kredit pada perusahaan.
  • Bagi investor, informasi akuntansi digunakan untuk menganalisis tingkat profitabilitas  perusahaan sebagai dasar pertimbangan investasi.
  • Bagi karyawan, informasi keuangan menyajikan gambaran kondisi keuangan perusahaan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa (upah dan fasilitas lain).
  • Bagi masyarakat, informasi akuntansi digunakan untuk menilai kontribusi perusahaan, baik pada masyarakat maupun perekonomian nasional.

2.    Mencatat Persamaan Akuntansi

Prinsip persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara aktiva dan pasiva. Aktiva merupakan harta yang dimiliki perusahaan. Pasiva merupakan gabungan antara modal dan utang. Prinsip persamaan dasar akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut.
Aktiva = Utang + Modal

3.     Mencatat Mekanisme Debit dan Kredit

Kelompok akun yang dicatat di sisi debit jika bertambah adalah akun harta dan beban, jika berkurang dicatat di sisi kredit. Kelompok akun yang dicatat di sisi kredit jika bertambah adalah akun utang, modal, dan pendapatan, jika berkurang dicatat di sisi debit.

Contoh Soal UN

1.    Salah satu manfaat informasi akuntansi bagi pemerintah adalah ...
A.      dasar pemberi pinjaman bagi perusahaan
B.       pedoman melaksanakan kebijakan perusahaan
C.       mengetahui tingkat pendapatan yang dihasilkan pada satu kali produksi
D.      mengetahui besarnya pajak yang ditanggung perusahaan
E.       mengetahui dan merencanakan prospek perusahaan pada masa depan

(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: D
Pemerintah berkepentingan terhadap laporan keuangan sebuah perusahaan sebagai dasar memungut pajak dan menetapkan kebijakan terkait ketenagakerjaan. Dengan melihat laporan keuangan, pemerintah dapat menetapkan besar pajak yang harus dibayar suatu perusahaan. Bagi kreditur, informasi akuntansi berguna sebagai dasar pemberian pinjaman (pilihan jawaban A). Sementara itu, pilihan jawaban B, C, dan E merupakan manfaat informasi bagi pemakai internal.



2.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)        Dibeli peralatan salon seharga Rp 10.000.000,00 dari toko Antik baru dibayar Rp2.500.000,00, mengakibatkan peralatan (+) di sisi debit, kas (-) di sisi kredit, dan utang (+) di sisi kredit.
2)        Diterima cek senilai Rp10.000.000,00 atas pekerjaan merias pengantin, menimbulkan kas (+) di sisi debit dan pendapatan jasa (+) di sisi kredit.
3)        Diselesaikan pekerjaan potong rambut dan creambath dan diterima Rp500.000,00 tunai, menimbulkan pendapatan usaha (+) di sisi kredit dan kas (+) di sisi debit.
4)        Dibayar transaksi (1) kepada toko Antik, mengakibatkan kas (-)  di sisi kredit dan utang usaha (-) di sisi kredit.
5)        Dibeli perlengkapan salon seharga Rp1.000.000,00 dengan syarat 2/10, n/30, menimbulkan perlengakapan (+) di sisi debit dan kas (-) di sisi kredit.

Mekanisme debit dan kredit yang tepat ditunjukkan pernyataan nomor ...
A.      1), 2) dan 3)
B.       1), 3) dan 4)
C.       2), 3) dan 4)
D.      2), 4) dan 5)
E.       3), 4) dan 5)

(Ujian Nasional 2013/2014)
Jawaban: A
Mekanisme transaksi pencatatan yang benar terdapat pada pernyataan nomor 1), 2) dan 3). Pernyataan yang benar untuk nomor 4), pembayaran utang mengakibatkan akun kas (-) di sisi kredit dan akun utang usaha (-) di sisi debit. Pernyataan yang benar untuk nomor 5), pembelian perlengkapan salon secara kredit mengakibatkan akun perlengkapan salon (+) di sisi debit dan utang usaha (+) di sisi kredit masing-masing Rp1.000.000,00.


Demikian artikel tentang akuntansi, semoga bermanfaat dan mempermudah kamu dalam belajar dan mengerjakan soal UN, jangan lupa kunjungi artikel terkait tentang ekonomi di link berikut ini. Terima kasih.


Artikel terkait:
·      Penjelasan Lengkap Mobilitas Sosial Beserta Contoh Soal UN dan Jawabannya    


2 Contoh Soal Akuntansi UN SMA Lengkap dengan Jawaban dan Penjelasannya 2 Contoh Soal Akuntansi UN SMA Lengkap dengan Jawaban dan Penjelasannya Reviewed by Ahmad Sobri on November 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.