close
Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949 - Kelas Edukasi

Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949

Penyebab serangan umum 1 Maret 1949? Akhir peristiwa serangan umum 1 Maret 1949? Tujuan serangan umum 1 Maret 1949? Apa dampak serangan umum 1 Maret 1949? Serangan umum 1 Maret 1949? Siapakah nama besar di balik serangan umum 1 Maret? Pada serangan umum 1 Maret 1949 pasukan Indonesia berhasil menduduki kota Yogyakarta dalam waktu? Dan serangan umum 1 Maret 1949 dipimpin oleh? Itulah di antara judul artikel yang banyak dicari oleh para netizen hehe, tidak usah panjang lebar lagi. Langsung saja yuk, kita baca pembahasannya di bawah ini. Selamat membaca!


Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949
Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949

Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949 - Pada saat terjadinya agresi militer Belanda II, para pemimpin pemerintahan seperti Presiden Sukarno, Wakil Presiden Moh. Hatta dan beberapa menteri ditangkap Belanda. Sedangkan Panglima Besar Sudirman yang dalam kondisi sakit hanya dengan satu paru-paru justru tetap teguh untuk memimpin perang gerilya.

Strategi perang gerilya adalah startegi berperang dengan cara berpindah-pindah tempat, mengelabui, melakukan serangan mendadak, dan upaya penyerangan telak di saat musuh lengah dan kehilangan arah. Dalam strategi perang ini diperlukan kematangan strategi terutama dalam hal penguasaan medan, spionase, pergerakan pembunuhan secara efektif, dan kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Jenderal Sudirman dan rombongan melakukan perjalanan dan pergerakan dari Yogyakarta menuju Gunungkidul dengan melewati beberapa kecamatan, menuju Pracimantoro, Wonogiri, Ponorogo, Trenggalek dan Kediri. Dalam gerakan gerilya dengan satu paru-paru itu Sudirman kadang harus ditandu atau dipapah oleh pengawal masuk hutan, naik gunung, turun jurang harus memimpin pasukan, memberikan motivasi dan komando kepada TNI dan para pejuang untuk terus mempertahankan tegaknya panji-panji NKRI. Dari Kediri lalu memutar kembali melewati Trenggalek, terus melakukan perjalanan sampai akhirnya di Sobo. Di tempat ini telah dijadikan markas gerilya sampai saat Presiden dan Wakil Presiden dengan beberapa menteri kembali ke Yogyakarta.


Sungguh heroik perjalanan Jenderal Sudirman. Ia telah menempuh perjalanan kurang lebih 1000 km. Waktu gerilya mencapai enam bulan dengan penuh derita, lapar dan dahaga. Sudirman tidak lagi memikirkan harta. Jiwa dan raganya semua dikorbankan demi tegaknya kedaulatan bangsa dan negara. Sekalipun dalam keadaan sakit, Sudirman terus memberi semangat anak buahnya untuk berjuang melawan kelicikan Belanda.

A. Serangan Umum 1 Maret 1949 

Pada saat para pemimpin ditangkap, Panglima TNI Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya. Pihak Belanda ternyata tidak mau segera menerima resolusi DK PBB, tanggal 28 Januari 1949. Belanda masih mengakui bahwa RI sebenarnya tinggal nama. RI sudah tidak ada, yang ada hanyalah para pengacau. Sementara itu, Sri Sultan Hamengkubuwana IX lewat radio menangkap berita luar negeri tentang rencana DK PBB yang akan mengadakan sidang lagi pada bulan Maret 1949, untuk membahas perkembangan di Indonesia.
Sri Sultan berkirim surat kepada Jenderal Sudirman tentang perlunya tindakan penyerangan terhadap Belanda. Sudirman minta agar Sri Sultan membahasnya dengan komandan TNI setempat, yakni Letkol Soeharto. Segera penyerangan terhadap Belanda di Yogyakarta dijadwalkan tanggal 1 Maret 1949 dini hari.

Pada tanggal 1 Maret 1949 dini hari sekitar pukul 06.00 sewaktu sirine berbunyi sebagai tanda berakhirnya jam malam, serangan umum dilancarkan dari segala penjuru. Letkol Soeharto langsung memegang komando menyerang ke pusat kota. Serangan umum ini ternyata sukses. Selama enam jam (dari jam 06.00 - jam 12.00 siang) Yogyakarta dapat diduduki oleh TNI. Setelah Belanda mendatangkan bala bantuan dari Gombong dan Magelang, dapat memukul mundur para pejuang kita. Keberhasilan serangan umum itu, kemudian disebarluaskan melalui RRI gerilya yang ada di Gunung Kidul. Berita ini dapat ditangkap oleh RRI di Sumatra, yaitu Radio Rimba Raya di Aceh kemudian diteruskan ke luar negeri.

Walaupun hanya sekitar enam jam pasukan Indonesia berhasil menduduki kota Yogyakarta, namun serangan ini sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Terutama ke dunia internasional untuk membuktikan bahwa RI masih ada, tidak seperti yang diberikan oleh Belanda. Selain mengobarkan semangat rakyat kembali juga menunjukkan kepada dunia bahwa negara Indonesia masih mempunyai kekuatan. Pada waktu itu di Yogyakarta ada beberapa wartawan asing yang peranannya sangat besar dalam menginformasikan keadaan Indonesia kepada dunia.

Penutup. Mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan tentang artikel Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi juga postingan mimin yang lainnya ya sobat, terima kasih.

Artikel terkait:
Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949 Strategi Perang Gerilya dan Serangan Umum 1 Maret 1949 Reviewed by Unknown on Maret 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.