close
Contoh Pidato Pendidikan Nasional, Agama, Moral (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat) - Kelas Edukasi

Contoh Pidato Pendidikan Nasional, Agama, Moral (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat)

Pidato Pendidikan yang berisi hal yang singkat, padat dan jelas, biasanya lebih berkualitas. Dibandingkan dengan yang terlalu panjang, namun membuat semua orang yang mendengarkan menjadi jenuh atau bosan.

Pendidikan merupakan pembelajaran yang berisi pengetahuan, keterampilan dan suatu kebiasan kelompok orang yang diturunkan ke generasi turunannya. Bisa melalui pelatihan, pendidikan bahkan penelitian.

Di negara kita, Indonesia. Hari Pendidikan Nasional diperingati pada tanggal 2 Mei. Yang tidak terlepas dari sosok pahlawan, yaitu Ki Hajar Dewantara.
Biasnya pada momen ini sering diadakan suatu acara, yang di dalamnya tentu ada sesi pidato yang dibawakan oleh seseorang.

Nah, di bawah ini akan kami berikan contoh pidato pendidikan nasional. Pidato yang singkat, padat dan jelas. Bisa kamu jadikan sebagai contoh untuk membuat naskah pidato, biasanya untuk mengerjakan tugas sekolah.

Selain itu, kami juga akan memberikan contoh pidato mengenai pendidikan lainnya, seperti Pendidikan Agama dan Moral.


Pidato Pendidikan Nasional dan Agama
Pidato Pendidikan Nasional dan Agama

1. Contoh Pidato Pendidikan Nasional (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para hadirin semua yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita semua bersyukur kepada Allaah, atas limpahan nikmat yang selama ini diberikan kepada kita. Sehingga kita juga bisa berkumpul dalam acara yang istimewa ini.

Kedua, shalawat serta salam juga senantiasa kita berikan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam, yaitu nabi dan rasul penutup, yang lewat perantara beliaukita kita orang Islam diturunkan.

Baca juga: Pidato Bahasa Inggris tentang Nabi Muhammad dan Artinya

Para hadirin semua yang saya hormati,

Dalam agama Islam, menuntut ilmu hukumnya adalahwajib bagi setiap muslim. Jika sudah dikatakan wajib, berarti jika kita tidak menjalaninya, kita berdosa. Dan pada hari pendidikan nasional ini, menjadikan pengingat bagi diri sendiri dan seluruh warga Indonesia umumnya.
Hari pendidikan nasional yang tidak terlepas dari sosok pahlawan Ki Hajar Dewantara, memberikan kita motivasi untuk terus semangat dalam menuntut ilmu.

Melalui pendidikan, karakter seseorang bisa terbentuk, pengetahuan semakin luas, dan ketika masuk ke dalam lingkungan masyarakat pun kita sudah memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut.

Jadi, sebisa mungkin kita mendapatkan pendidikan dari sejak dini. Baik di sekolah, di pondok pesantren maupun di taman pendidikan lainnya.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, di tanggal 2 Mei ini mari kita semua terus meningkatkan semangat dalam mengejar pendidikan kita. Baik dalam pendidikan yang bermanfaat untuk dunia maupun akhirat.

Sekian dari saya, saya mohon maaf atas kekurangan yang ada, dan terima kasih atas perhatiannnya.
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


2. Contoh Pidato Pendidikan Agama (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bissmillahirrahmanirrahiim.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inu wa nastaghfiruhu wa na'audzubillah minsyururi ‘anfusina wa minsayyi’ati ‘amaalinaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudh lil falaa haadiyalah

Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Amma ba’du.

Para hadirin yang terhormat,

Alhamdulillah, segala puji hanya miliki Allaah semata. Dan tidak ada yang berhak di ibadahi kecuali Allaah saja, tempat meminta dan kepada Nya kita akan kembali. Mari kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Dan kepada suri tauladan kita, Nabi besar  Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam, mari kita limpahkan shalawat beserta salam kepada beliau. Yang telah membawa kita dari masa jahiliyah ke masa yang penuh dengan cahaya ilmu, atas izin Allaah.
Para hadirin yang terhormat,

Membahas tentang pendidikan, yang paling dasar yang perlu dipelajari oleh setiap muslim adalah ilmu agama. Agama sendiri menjadi pondasi seseorang dalam menjalani semua proses kehidupan ini.

Dengan ilmu juga pendidikan yang benar, yang pastinya sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah. Jika semua hal itu sudah tertanam dalam diri seseorang, pasti semua pendidikan yang lainnya lebih mudah untuk diterapkan.

Dalam pendidikan agama, sudah hampir mencakup banyak bidang pendidikan lainnya. Dari pendidikan moral serta akhlak, pendidikan kehidupan dan masih banyak lagi. Maka dari itu, mari kita mulai pendidikan agama dari sejak kecil.

Baca juga: Pidato Bahasa Inggris tentang Islam dan Artinya

Bagi para orang tua, jangan ragu untuk memasukkan anaknya ke pondok pesantren ataupun sekolah yang lebih mementingkan ilmu Agama. Agar tercetak generasi yang tangguh, dan terhindar dari moral yang merusak lingkungan sekitarnya.

Demikianlah yang bisa sampaikan, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Alhamdulillahirabbil a’lamiin.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


3. Contoh Pidato Pendidikan Moral (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat)


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan untuk dalam berkumpul pada tempat ini, atas izin Allaah. Marilah kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.
Shalawat serta salam juga senantiasa kita curahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Dalam dunia pendidikan, banyak sekali hal yang perlu dikuasai dan dipahami oleh setiap orang. Bukan hanya pendidikan dalam bangku sekolah saja, yang termasuk hal penting adalah pendidikan moral.

Pendidikan pengetahuan dan teknologi memang lebih banyak didahulukan oleh kebanyakan orang, namun mereka sering melupakan tentang pendidikan moral. Padahal dengan morla itulah, orang lebih bisa di hargai. Dengan akhlak dan sikap yang baik, orang lain akan lebih menyukai diri kita.
Para hadirin yang terhormat,

Di dunia yang serba modern ini, sudah banyak sekali contoh orang yang tidak bermoral, bukan hanya kepada orang lain, bahkan kepada orang tua mereka sendiri pun moral nya sudah semakin buruk.

Maka dari itu, bukannya kita tidak boleh mementingkan pendidikan pengetahuan dan teknologi, namun iringi juga dengan pendidikan moral yang akan membuat seseorang menjadi lebih baik.

Agar jika nanti sudah memiliki ilmu yang banyak, hal tersebut tidak menjadikannya sombong atau mudah meremehkan orang lain dengan modal pendidikan moral yang sudah ada.

Mungkin sekian saja dari saya, jika ada salah ucapan saya mohon maaf.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Semoga artikel di atas bisa memudahkan kamu dalam membuat pidato dengan mudah.
Sekian dan semoga bermanfaat.


Contoh Pidato Pendidikan Nasional, Agama, Moral (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat) Contoh Pidato Pendidikan Nasional, Agama, Moral (Singkat, Jelas, Mudah Di Ingat) Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.