close
3 Contoh Pidato Singkat Islami Lengkap Beserta Hadist Yang Mudah Di Hafal - Kelas Edukasi

3 Contoh Pidato Singkat Islami Lengkap Beserta Hadist Yang Mudah Di Hafal


Pidato Singkat Islami yang di dalamnya membahas tentang hadist, sangat cocok saat digunakan untuk acara lomba, tugas di sekolah, ataupun acara agama Islam di lingkungan masyarakat.

Untuk membuat sebuah pidato singkat islami, kamu perlu memilih satu atau dua hadist yang saling berhubungan dalam maknanya. Dan jangan memilih hadist yang terlalu panjang, agar mudah untuk dipahami dan dihafal.

Namun jika hanya memilih satu hadist juga tidak masalah, hanya kamu harus mengembangkan hadist tersebut cukup luas.

Berikut adalah beberapa contoh Pidato Singkat Islami Lengkap Beserta Hadist.


Pidato Singkat Islami
Pidato Singkat Islami 

1. Pidato Singkat Islami Menjadi Sebaik-baiknya Manusia


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bissmillahirrahmanirrahiim

Segala puji bagi Allaah, Rabb semesta alam yang sudah memberikan kita kehidupan di dunia ini. Mari bersyukur atas semua nikmat dan rahmat yang sudah diberikan Nya kepada kita semua. 

Dan shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam.
Para hadirin yang terhormat, hampir semua manusia yang memiliki pola pikir yang sehat, pasti ingin menjadi yang terbaik dalam kehidupan ini. Apalagi jika kita sebagai muslim, pasti tujuan kita adalah menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Menjadi orang yang baik, bukan hanya bisa dinilai dari ukuran manusia semata, melainkan mendapat ridho dari Allaah lah yang menjadi target utama.

Karena penilaian dari seorang makhluk hanyalah sebatas mulut saja, dan sangat keliru jika kita melakukan ibadah hanya untuk mendapatkan pujian dari sesama makhluk.

Salah satu hadist Rasulullah yang berbunyi sebagai berikut, “dari Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” ( HR. Al Bukhori)
Sudah jelas hadist di atas, jika kita termasuk dalam pencari ilmu Al Qur’an atau seorang pengajar, in syaa Allaah jika dilandasi dengan niat yang ikhlas karena Allaah, kita bisa jadi menjadi salah satu orang yang dimaksud dalam hadist tersebut.

Ini adalah termasuk cara yang mudah menjadi orang terbaik dalam konsep Islam. Maka dari itu, mari kita mulai kegiatan yang mulia ini, jangan ragu untuk memulai kebaikan.

Sekian dari saya, jika ada salah kata saya mohon maaf dan kepada Allaah saya mohon ampun.

Alhamdulillahirabbil a’lamiin.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


2. Pidato Singkat Islami Tentang Amalan Ringan Dapat Menghapus Dosa



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bissmillah

Dengan rahmat dan izin Allaah, alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam acara yang istimewa ini. Maka dengan ini, mari kita semua selalu bersyukur dengan segala yang sudah Allaah berikan kepada kita.

Dan juga shalawat serta salam, tak bosan selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Semua hadirin yang berbahagia,
Berbagi tentang kebaikan adalah hal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Saya berdiri disini, belum berarti saya lebih baik dari para hadirin yang hadir. Izinkan saya membagi ilmu yang sedikit, yang saya miliki saat ini.

Pada kali ini, saya akan mencoba mengangkat tema mengenai “Amalan Ringan yang Dapat Menghapus Dosa”. Sebenarnya banyak sekali amalan dalam Islam yang mudah untuk di jalankan, namun bernilai pahala yang sangat besar. Hanya saja kita belum banyak tahu akan hal itu.

Salah satu amalan ringan yang bisa menghapus dosa kita adalah, membaca do’a setelah makan. Sudahkah para hadirin tahu akan hal ini? Sudah hafal do’a yang benar sesuai sunnah?
Dari Mu’adz bin Anas, dan dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda,“Barang siapa yang setelah memakan makanan kemudian ia mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan memberikan rezeki kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Daud no. 4043, Ibnu Majah no. 3285, Tirmidzi no. 3458 dan Ahmad 3: 439. Imam Tirmidzi, Ibnu Hajar dan ulama lainnya menghasankan hadits ini sebagaimana disetujui oleh Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali dalam Bahjatun Nazhirin, 2: 50).

Mari kita semua mulai saat ini, menghafalkan do’a yang satu ini. Cukup mudag untuk dihafal dan tentunya mendapatkan ganjaran yang cukup besar.

Sekian dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat yang sedikit ini.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


3. Pidato Singkat Islami Tentang Anjurkan Waktu Musatajab Berdo’a Di Akhir Waktu Ashar Pada Hari Jum’at


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para hadirin yang saya hormati, bismillahirrahmanirrahiim...
Segala puji hanya untuk Allaah semata, tiada Rabb yang berhak di-ibadahi kecuali hanya Allaah. Yang telah memberikan kita kenikmatan yang besar dan kesehatan yang kita miliki saat ini. Sehingga kita bisa berkumpul dalam kegiatan pada hari ini.

Shalawat dan salam juga selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam. Karena beliaulah, sebaik-baik suri tauladan yang patut kita tiru, dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Para hadirin yang berbahagia, izinkan saya untuk membagi sedikit ilmu yang saya miliki dalam kesempatan pidato kali ini. Dengan tema, Waktu Musatajab Berdo’a Di Akhir Waktu Ashar Pada Hari Jum’at.

Pada sebuah hadist riwayat Al Bukhari, Muslim, dan Ahmad. Rasulullah bersabda yang artinya,” Di hari Jumat terdapat suatu waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat, lantas dia memanjatkan suatu doa kepada Allaah bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allaah akan memberi apa yang dia minta.”

Waktu setelah ashar pada hari jum’at merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk berdo’a. Jika para hadirin tiba pada waktu ini, sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sangat baik ini.
Berdo’a sendiri merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Kapanpun anda bisa berdo’a, namun jika ingin do’a cepat terkabul, silahkan pilih waktu yang mustajab yang sudah dijelaskan sesuai ajaran Islam.

Sekian yang bisa saya sampaikan, jika ada salah dalam ucapan saya mohon maaf dan kepada Allaah saya mohon ampun.

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh


Jangan lupa kunjungi artikel lainnya ya gaes...


Baca juga :

3 Contoh Pidato Singkat Islami Lengkap Beserta Hadist Yang Mudah Di Hafal 3 Contoh Pidato Singkat Islami Lengkap Beserta Hadist Yang Mudah Di Hafal Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.