close
Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal - Kelas Edukasi

Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal

[3 CONTOH] Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal

Materi Ceramah – Ceramah merupakan kegiatan yang sangat mulia, kewajiban sebagai orang Islam salah satunya adalah saling nasehat menasehati dalam kebaikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan materi ceramah yang singkat namun banyak manfaat.

Untuk para penceramah biasanya mencari materi ceramah sesuai dengan kondisi, waktu dan tempat yang akan didatangi untuk memulai kegiatan ceramah.

Dengan bekal ilmu yang cukup dikuasai, mental yang sudah matang, dan pengalaman yang cukup dalam memahami karakter setiap orang yang berbeda-beda tentu menjadi hal yang pokok dimiliki oleh seorang pendakwah.

Dengan cara berdakwah yang santun, simple dan tidak terlalu kaku dalam menyampaikan sebuah ilmu mungkin lebih bisa diterima oleh kalangan masyarakat yang masih baru belajar mendalami ilmu agama.

Berikut kami berikan beberapa contoh materi ceramah singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat teks ceramah. Cocok juga untuk para pelajar yang sedang mendapatkan tugas dari sekolah.

Baca juga: Contoh Pidato Singkat tentang Hijab Itu Indah

1.Bahaya Pacaran dan Pergaulan Bebas, Problem Kawula Muda. 

Zaman seperti ini sering timbul slogan “ Nikah No, Pacaran Yes”. Ini adalah termasuk penyakit, yang dimaksud disini adalah bukan penyakit biologis, namun penyakit moral yang seringkali di alami generasi muda.

Saat berbagai penyakit moral ini menjangkiti anak muda, maka kerinduan orang tua untuk mendapatkan anak shalih hanya tinggal impian saja, padahal melalui anak shalih lah yang akan memberi ketenangan dan menjadi tabungan paling berharga bagi orang tua.

Oleh karena itu orang tua maupun anak-anak harus terus waspada terhadap berbagai ancaman penyakit moral yang satu ini.

Pacaran sendiri adalah sebuah kata yang mungkin kebanyakan anak kecil juga tahu apa makna dari kata tersebut. Karena pacaran adalah hal yang senantiasa diakarkan di berbagai sinetron atau film yang banyak dipraktekkan oleh kebanyakan orang yang ada di sekitar.

Sungguh hal semacam ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang kuffar. Rasulullah bersabda dengan peringatan yang cukup keras, yang artinya,” Sungguh akan menimpa umatku seperti apa yang telah menimpa kaum Bani Israil, sangat mirip sehingga seperti sendal yang bertemu dengan pasangannya. Andaikan di antara mereka ada yang menzinahi ibunya secara terang-terangan, maka umatku ajan mengikutinya’’ (Imam At Tirmidzi)

Mari, kita sebaiknya menjaga diri, keturunan, keluarga dan juga teman-teman kita, dari hal yang semacam ini. Jika memang sudah mampu, silahkan menikah saja, karena sungguh ini adalah ibadah dan keputusan yang sangat baik. Dengan pahala yang sangat besar.

Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal
Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal

2.Jangan Sentuh Miras dan Narkoba, Nanti Kamu Bisa Celaka.


Kedua hal ini sangat mudah ditemukan pada akhir zaman ini, sangat mudah dikonsumsi oleh generasi muda. Karena kebanyakan usia yang seperti itu, masih senang dengan hal yang baru, dan senang untuk mencoba.

Awalnya hanya ajakan teman, dengan menraktir setiap yang akan dikonsumsi. Namun lama-kelamaan akan menjadi ketagihan, dan tentu akan mengeluarkan modal sendiri.

Jika sudah kecanduan, kedua barang haram tersebut pasti akan merusak diri si pemakainya, bukan hanya fisik dan akal sehat saja yang akan rusak, namun moral dan akhlak juga pasti akan ikut rusak. Di awali dengan inilah, kemaksiatan, kekerasan, hingga pembunuhan terus berkembang.

Rasulullah bersabda yang artinya,” Sungguh akan ada sekelompok orang dari umatku yang meminum khamr, mereka memberi nama bukan dengan namanya, mereka akan berdendang diiringi oleh musik dan para biduanita, Allaah menenggelamkan mereka ke dalam bumidan merubah di antara mereka menjadi monyet dan babi”. ( Imam Ahmad, Iman Abu Dawud, Ibnu Majah, At Tibrizy)

Sungguh sangat bahaya sekali apabila seseorang sudah terbiasa mengkonsumsi barang-barang haram tersebut. Oleh karena itu, setiap anak hendaklah jeli dalam memilih teman yang baik untuk dirinya.

Karena pengaruh seorang teman sangat besar terhadap kebaikan dunia dan akhirat seseorang. Teman yang shalih dan baik tentu sangat bermanfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat. Dan begitu juga sebaliknya, teman yang buruk akan membawa keburukan dunia dan akhirat.

3.Berbakti kepada Orang Tua Akan Membawa Banyak Kebaikan

Birrul Walidaini, atau berbakti kepada orang tua merupakan perkara yang sangat berat terutama bagi orang yang sudah berkeluarga. Disaat kedua orang tua sudah mulai lemah, saat itu jugalah bakti seorang anak mulai diuji.

Dan saat itu juga pintu syurga yang paling dekat terbuka. Pintu jannah yag terbuka lebar, bagi siapa yang jeli untuk mengambil kesempatan. Namun sangat disayangakn, hanya sedikit yang mampu meraihnya.

Bahkan dalam berbuat baik kepada orang tua adalah dengan cara kita sering bersilaturahim, sering mengunjungi kedua orang tua kita. Dengan ini bisa memanjangkan umur kita, Rasulullah bersabda yang artinya,” Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan juga dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahimnya” (HR Al Bukhori dan Muslim)

Dalam hal ini yang perlu didahulukan adalah silaturahim kepada ibu dan bapak, sebelum kepada yang lainnya. Jangan sampai kita terlalu sering mengunjungi saudara atau teman yang lainnya, namun kedua orang tua kita sendiri lupa untuk dikunjungi.

Mari kita bersama-sama meningkatkan bakti kita kepada orang tua, jika kedua orang tua atau salah satunya masih hidup, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini. Namun jika keduanya sudah meninggal, jadilah anak yang shaloh dan shalihah. Karena hal tersebut merupakan salah satu amal jariyah, tabungan kebaikan bagi kedua orang tua kita.

Demikianlah beberapa contoh materi ceramah singkat yang semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf, dan kepada Allaah kami mohon ampun.


Baca juga:
1. Contoh Pidato Agama Islam Tentang 5 Rukun Islam Lengkap Beserta Dalil
2. Contoh Pidato Agama Islam Tentang Shalat Lengkap Beserta Dalil (Mudah di Pahami)

Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal Materi Ceramah Singkat, Padat, Jelas dan Mudah Dihafal Reviewed by PengenJadiBaik on Agustus 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.